Ketua DPRD Jabar Apresiasi Capaian Gubernur Terpopuler

10 Januari 2017 / 20:14 WIB Dibaca sebanyak: 451 kali Tulis komentar

BANDUNG BB.Com-DPRD Provinsi Jawa Barat mengapresiasi hasil survei Indonesia Indikator yang menyebut Gubernur Jawa Barat sebagai gubernur terpopuler kedua di Indonesia. Berdasarkan survei itu, pemberitaan tentang Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menempati peringkat dua paling banyak, dibawah Gubernur DKI Jakarta.

Ketua DPRD Provinsi Jabar Ineu Purwadewi Sundari mengapresiasi hasil survei itu. Menurutnya, selama ini Heryawan senantiasa terbuka dan kooperatif dengan legislatif.

Koordinasi dan diskusi diantara mereka senantiasa terbangun agar setiap kebijakan yang diambil tepat dan demi kepentingan masyarakat. “Selama menjadi mitra dengan DPRD, beliau selalu transparan dan bersinergi. Beliau sangat memahami posisi kami yang juga sebagai bagian dari unsur penyelenggara pemerintah daerah,” katanya.

Dia menambahkan, predikat gubernur terpopuler kedua versi Indonesia Indikator inipun sebagai bukti kedekatannya terhadap media. “Selain transparan dan akuntabel, Pak Aher mau dekat dan diskusi dengan media,” katanya.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengapresiasi adanya survei tersebut. Menurutnya, riset sorotan media massa terhadap kinerja kepala daerah yang dilakukan oleh Indonesia Indikator ini sangat berpengaruh terhadap dirinya dalam menjalankan tugas kepemerintahan.

Sebab, dengan adanya hasil survei ini, pihaknya termotivasi untuk senantiasa meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. “Berperan dalam optimalisasi layanan masyarakat serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan,” katanya.

Selain itu, menurutnya inipun mampu menjaga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan yang dipimpinnya. “Semuanya berujung pada kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Dia menjelaskan, pada prinsipnya seorang kepala daerah menjalankan pemerintahan berdasarkan mandat dan amanah rakyat melalui pemilihan umum langsung. Oleh karena itu, menurut dia sudah seharusnya kepala daerah bekerja untuk kepentingan masyarakat.

“Berkhidmat hanya semata untuk melayani masyarakat,” katanya. Semua pembangunan yang dijalankan harus memiliki visi dan misi dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Itu tujuan pertama,” katanya. Selanjutnya, sambung dia, pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan bersumber dari pemerintah pusat.

Sehingga, sudah seharusnya pemerintah daerah seiring sejalan dengan pusat dalam menjalankan pembangunan. “Poros pemerintahan pusat dengan daerah adalah satu garis lurus. Maka harus seiring sejalan dalam menjalankan tugas pemerintahan. Ini keniscayaan,” paparnya.

Selain itu, pihaknya selalu konsisten dan komitmen dengan setiap aturan yang ada dalam menjalankan pemerintahan. “Manajemen pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan mendorong partisipasi masyarakat,” katanya.

Sementara itu, disinggung kedekatan dirinya dengan masyarakat, menurut dia pihaknya senantiasa memberikan perhatian khusus pada agenda kegiatan pemprov yang bersifat kemasyarakatan. Hal ini biasanya terlihat pada sejumlah program yang bersifat kunjungan kerja, safari, festival masyarakat, panggung rakyat, pameran, dan pasar murah.

“Juga melalui ajang lomba atau pasanggiri, diseminasi program, dan lain-lain. Tentu tanpa mengabaikan kegiatan yang bersifat tata kelola administrasi seperti rapat, koordinasi, diskusi, dan lainnya,” kata dia.

Selain itu, untuk mendekatkan diri dengan masyarakat pun, dirinya selalu mendorong perangkat daerah untuk senantiasa mengutamakan publikasi program yang intensif. Hal ini bisa dilakukan dengan menjalin kemitraan media yang baik serta menjalankan prinsip-prinsip keterbukaan informasi publik.

“Dua hal utama ini membuat saya selaku gubernur maupun kami di Pemprov Jabar berupaya selalu dekat dengan masyarakat,” katanya. Pengakuan Heryawan ini diakui DPRD Provinsi Jabar yang merupakan mitra sejajar gubernur.

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *