oleh

Kejurda Jabar, Menjaring Bibit Atlet Bola Basket Potensial

BANDUNG BBCom-Kepala Seksi Pengembangan Olahraga Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Barat Drs. H.Ariadi, M.M.Pd, mengatakan, kejuaraan merebutkan Piala Gubernur Jawa Barat tahun 2018’ diinisiasi Dispora Jawa Barat.

Setelah Cabang Olahraga (cabor) Yudo Baseball, kini Dispora menggelar Cabor Bola Basket bertempat di GOR Tamansari Futsal, Jalan Tamansari Kota Tasikmalaya, 6-10 Agutus 2018

Menurut Ariadi, kegiatan kejuaraan tersebut diselenggaraan guna untuk menjaring bibit atlet bola basket potensial untuk meningkatkan prestasi olahraga bola basket di Jabar hingga nasional.

“Kejuaraan itu sendiri ditujukan sebagai optimalisasi dukungan pembinaan olahraga prestasi melalui ajang kejuaraan daerah sekaligus sebagai implementasi dari amanah Undang-undang No 3 tahun 2015 tentang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN) dalam hal pembinaan dan pengembangan keolahragaan,”jelasnya di Bandung Selasa (14/8).

Dia berharap kejurda bola basket ini agar bisa menjadi salah satu ajang pemanduan untuk melakukan identifikasi sumber potensi bibit olahragawan yang berbakat dan potensial di Jabar.

Kadispora Jabar, Prof H. Yudha. M. Saputra Riadi menuturkan, penyelenggaraan kejurda bola basket ini sebagai bentuk pemenuhan tanggungjawab pemerintah dalam penyediaan keolahragaan dan terselenggaranya kegiatan keolahragaan.

“Melalui kejurda Piala Gubernur Jabar ini, kita berharap dapat melahirkan bibit atlet potensial di cabang olahraga bola basket. Kedepan, bibit atlet potensial ini bisa dikembangkan melalui pendidikan dan latihan yang terencana, sistematis, berjenjang dan berkelanjutan,” ungkapnya saat pembukaan Kejurda Bola Basket Piala Gubernur Jabar 2018 di GOR Tamansari Tasikmalaya.

Kejurda bola basket sendiri digelar di Kota Tasikmalaya sebagai salah satu upaya dari pihaknya mendorong dan memotivasi daerah dalam pengembangan olahraga prestasi.

Dengan digelar di daerah dan tidak tersentral di pusat kota, diharapkan bisa menarik minat daerah dalam menggelar sebuah kejuaraan sekaligus menjaring potensi atlet-atlet potensial yang dimiliki daerah tersebut serta kota/kabupaten terdekatnya.

“Ini terbukti dengan munculnya beberapa atlet potensial di cabang olahraga bola basket ini dari kota dan kabupaten, selain dari wilayah Bandung Raya. Seperti dari Cirebon, Banjar, Tasikmlaya, Ciamis, bahkan Pangandaran. Untuk kejurda Piala Gubernur Jabar sendiri, kita membatasi maksimal usia atlet yakni di kelompok junior sebagai persiapan menghadapi Popnas XV tahun 2019,” ujar Ariadi.

Kejurda Bola Basket ‘Piala Gubernur Jabar tahun 2018’ dari enam cabor yang diinisiasi oleh Dispora Jabar, tinggal tiga cabor yang belum dilaksanakan kegiatan. “Yaitu, cabor Panahan, Gulat dan Selam. Tapi Selam sekarang sedang berlangsung.

Semoga Kejurda ini berkesinambungan berkembang melahirkan atlet atlet berprestasi untuk dipersipakan di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020 mendatang.

Berikut daftar juara pada kejurada bola basket usia 18 yang digelar kemarin adalah juara putra 1. Kota Bandung 2. Kota Cirebon 3. Kab. Bogor Juara Putri :1. Kota Cirebon 2. Kab. Karawang 3. Kab. Majalengka “tegas Ariadi, saat ditemui diruang kerjanya Selasa (14/8) id

Ariadi Kasi Pengembangan Olahraga Prestasi. (**)

Komentar