oleh

Fasilitasi Pelaku UMKM, Pemkab OKI Resmikan PAISLAIS

OKI | BBCOM | Pemerintah Kabupaten OKI melalui Dinas Koperasi, UKM, dan Perindustrian (Diskoperin) turut serta dalam ajang Sriwijaya Expo 2021 yang bertempat di Jakabaring Sport City (JSC) pada tanggal 2-5 Juli 2021.

Dalam booth Diskoperin OKI ditampilkan berbagai produk unggulan asli OKI seperti olahan makanan, kerajinan purun, kesenian kaligrafi, dan lain-lain. Pada acara pembukaan oleh Gubernur Sumatera Selatan pada Jum’at (2/7/2021), turut diresmikan Aplikasi e-Commerce dan Marketplace yang dinamai Aplikasi PAISLAIS.

Dr. Akhmad Najib selaku Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel mewakili gubernur Sumsel bersama HM Lubis SKM M.Kes, asisten bidang aministrasi umum yang mewakili Bupati OKI meresmikan aplikasi PAISLAIS, aplikasi PAISLAIS merupakan inovasi kolaborasi antara Diskoperin OKI dan Diskominfo OKI.

Kepala Diskoperin OKI, Herliansyah S STP MSi menjelaskan, aplikasi PAISLAIS diinisiasi guna memfasilitasi UMKM di OKI agar Go Digital.

“Selama ini sudah banyak produk unggulan OKI, namun masyarakat masih sulit mengakses produk tersebut, dengan teknologi dan internet memungkinkan penggiat UMKM memasarkan produknya ke mata dunia,” ungkapnya.

Terlebih, menurut data APJII ada sekitar 200 Juta pengguna internet di tahun 2020, ini merupakan potensi besar yang harus digarap oleh UMKM dan Pemerintah Daerah membantu UMKM OKI untuk hal tersebut.

Kadiskominfo OKI Alexsander Bastomi SP MSi menambahkan, aplikasi PAISLAIS dapat berfungsi sebagai database UMKM OKI. Aplikasi yang dibangun oleh Kasi Pengembangan Aplikasi Bidang Layanan e-Government Muttaqin NS SKom itu sejalan dengan literasi digital yang digalakkan presiden.

“Aplikasi PAISLAIS dapat memberikan kultur digital bagi penggiat UMKM seperti pemasaran, pengiriman barang, dan transaksi digital juga bagi pembeli agar dapat belanja online dengan aman. Terlebih UMKM juga merupakan ujung tombak program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di masa pandemi Covid-19 ini,” tandasnya. (pani)

Komentar