Evaluasi APBD 2022, Komisi II Kunker ke UPTD Balai Pengujian Mutu Barang

BOGOR | BBCOM | Pimpinan dan  Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat melaksanakan kunjungan kerja ke UPTD Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Keramik dan Tabung Gas dalam rangka evaluasi program dan kegiatan APBD Tahun Anggaran 2022 dan rencana program serta kegiatan APBD Tahun Anggaran 2023.

Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat yang membidangi perekonomian kali ini melaksanakan kunjungan kerja ke salah satu UPTD BPSMB-TG (Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Keramik dan Tabung Gas) yang berlokasi di Kota Bogor.

UPTD BPSMB-TG ini merupakan salah satu unit pelaksana Teknis dilingkungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat dalam hal penyelenggaraan pengujian mutu barang keramik dan tabung gas, pengujian barang kemasan, kalibrasi dan sertifikasi produk.

Anggota Komisi II H. Mirza Agam Gumay, SmHk dari Fraksi Gerindra Persatuan membenarkan bahwa kemarin, pimpinan dan anggota Komisi II DPRD Jabar telah melakukan kunjungan kerja ke  UPTD BPSMB-TG di Kota Bogor.

Tujuan kunker kita ke UPTD BPSMD-TG, untuk mengetahui kondisi riil  keberadaan UPTD tersebut dalam upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) dalam meningkatkan kualitas mutu. Hal ini penting agar, produksi yang dihasilkan memiliki daya saing  dengan kompetitor lain, sehingga hasil produksi laku dipasaran sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) , kata Mang Agam sapaan Mirza Agam Gumay saat dihubungi, Jum’at (2/9/2022).

Dikatakan, di Indonesia ternyata cukup banyak pihak swasta yang  bergerak di bidang  Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang, untuk itu, keberadaan UPTD BPSMD-TG yang merupakan bagian dari Dinas  Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jabar, harus mampu bersaing.

“Agar UPTD BPSMD-TG mampu bersaing tentunya dibutuhkan SDM yang berkuliatas, dengan didukung sarana-prasarana perlatan/ mesin, sehingga hasil dari pengujian kualitas dan mutu benar-benar  baik dan sesuai SNI.  Selain itu perlu juga ditingkatkan dalam hal pelayanan”, kata Mang Agam dari Dapil Jabar 4 Kabupaten Cianjur ini.

Lebih lanjut Politisi Gerindra Jabar ini mengatakan, berdasarkan hail kunker UPTD BPSMD-TG kemarin, bahwa Komisi II DPRD Jabar merekomendasikan kepada Dinas-dinas di lingkungan Pemprov Jabar, perlu dilakukan kenaikan status Balai-balai.

Kenaikan kelas Balai tentunya juga harus ditingkatkan SDMnya, yaitu memberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan yang bersertifikasi.  Pelatihan Skill SDM sangat penting, jangan sampai ada bantuan peralatan datang, ternyata SDM di balai yang bersangkut tidak mampu mengoperasinalkannya atau operatornya kurang memahami cara kerja mesin tersebut, ujarnya.  

 Komisi II akan terus mendorong kemajuan seluruh mitra kerja salahnya berupa pengalokasian anggaran. Namun, kita juga berharap, agar seluruh mitra Komisi II untuk mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat maupun industri, tandasnya. (dbs/ded)

Komentar