DR Imam Solihin, MA, Sebut di Era Milenial Pemuda Jangan Kehilangan Identitas

BANDUNG, BBCom-Kegiatan Pembinaan Mental Spiritual Bagi Generasi Muda merupakan salah satu kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora)  Provinsi Jawa Barat. Kegiatan tersebut guna untuk  menyasar aktivis Komunitas Pemuda, Karang Taruna, Penggiat Organisasi Kemahsiswaan dan Kader organisasi kepemudaan. 

Kegiatan yang menjadi sarana dalam mentransfer nilai dan perilaku positif bagi generasi milenial agar mampu memiliki ketahanan mental dan spiritual dalam menghadapi perubahan dan tantangan zaman. Kegiatan yang melibatkan 75 orang peserta dari betbagai kalagan aktivis pemuda di Jabar berlangsung selama 3 (tiga) hari dari selasa (19/21) dilaksanakan Hotel Ahadiat Bandung. 

Dalam sambutannya  DR Imam Solihin, MA Kepala Bidang Layanan Kepemudaan Dispora Jabar, menegaskan tentang pentingnya pemuda. Dikatakannya, hari ini kita harus menyiapkan strategi yang baik agar pemuda mampu beradaptasi. Di era milenial sekarang pemuda jangan kehilangan identitas. 

“Sosial dan budaya sebagai warisan nilai-nilai keindonesiaan, harus dirawat. Bahkan diperkuat,” kata.Imam

Sementara itu, disela-sela pembukaan Kepala Seksi Tenaga dan Organisasi Pemuda Drs. Nino Risno, M.Pd menambahkan tentang pentingnya penyelenggaraan kegiatan program kepemudaan. Menurutnya, kegiatan ini bukan hanya implementasi Perda Pelayanan Kepemudaan, tetapi juga karena adanya perubahan nilai, kecenderungan dan perilaku pemuda hari katanya, sebagai dampak dari keterbukaan dan kemudahan akses informasi yang membawa nilai-nilai negatif.  

“Tanpa kita bekali dengan pemahaman nilai dan perilaku yang tepat dan sesuai dengan jati diri manusia Indonesia, maka sangat mungkin generasi muda kita kehilangan kemampuan dan kepercayaan diri untuk berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa lain di kemudian hari,” tegasnya. Dia menambah bahwa bobot acara ini mampu memotivasi peserta dalam menyerap materi yang diberikan oleh para fasilitator kegiatan, selain diskusi dan simulasi indoor, peserta juga dilibatkan dalam sesi kegiatan outdoor. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *