,

Demi Ketertiban, Warga Minta Bubarkan PKL dan “Terminal Bayangan”

22 Februari 2019 / 13:33 WIB Dibaca sebanyak: 248 kali Tulis komentar

LAHAT BBCom – Ujicoba jalur satu arah bagi pengguna jalan di jantung Kota Lahat, tepatnya di jalan Mayor Ruslan mendapat tanggapan positif warga. Karena, menurut para pengendara yang melintas dan berhasil ditemui baru-baru ini menyatakan ujicoba satu arah sangat mengurangi macet di pusat kota.

Pengamat Transportasi dan Jalan, Syamsul Rijal saat dijumpai BBCom dikediamannya, Jum’at (22/2/2019) mengaku sependapat dengan warga yang menyambut positif dilaksanakan ujicoba jalur satu arah dalam pusat kota, tepatnya persis di depan Pasar Lematang yang terkenal macet saat pagi dan sore hari.

“Saya sering terjebak macet saat pagi hari melintas di jalan Mayor Ruslan, diakibatkan jalan itu menyempit oleh mobil parkir di bahu sisi kiri dan kanan jalan. Ditambah lagi makin lama, jumlah kendaraan roda empat khususnya pengguna mobil pribadi makin bertambah,” jelasnya.

Ternyata, tambahnya, ujicoba jalur satu arah yang dilaksanakan pemerintah adalah jawaban untuk mengatasi kemacetan tersebut.

Namun, Syamsul Rijal dan warga lainnya menginginkan ujicoba tersebut bisa menjadi aturan yang baku. Dan sesuai dengan payung hukum, Pemeritah juga harus membuka akses jalan samping kiri dan samping kanan Pasar Lematang untuk menjadi jalan alternatif bagi warga yang akan mempersingkat jarak tempuh menuju arah ke Pasar Bawah dan Pasar Lama.

“Jalan yang saya maksud harus dibuka itu berkondisi mulus aspal hotmix selebar 5 meter samping Kanan Pasar Lematang hampir tertutup oleh Pedagang Kaki Lima (PKL) dan antrian panjang Angdes cari penumpang tujuan Merapi. Sementara, kondisi jalan yang sama di sebelah Kiri Pasar Lematang dengan lebar jalan hampir 8 meter nyaris tertutup oleh PKL dan antrian Angdes tunjuan Kota Agung dan Mulak Ulu,” beber Syamsul.

Lebih lanjut, Rijal berharap kepada pihak Pemerintah untuk segera bubarkan PKL dan “Terminal Bayangan” tersebut untuk memperlancar akses jalan satu arah ke jalur alternatif jalan samping kiri dan kanan Pasar Lematang.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Lahat, Indaharmansyah. SP. Msi saat dihubungi BBCom (22/2) mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah menyambut positif ujicoba satu arah yang dilaksanakan kerjasama pihaknya dengan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lahat.

Untuk memperluas arus jalan Mayor Ruslan, dirinya berpendapat bahwa ada kemungkinan media jalan atau taman pot bunga sebagai pembatas tengah jalan itu dihabiskan supaya jalan bisa lebih lebar.

Saat ditanya maraknya PKL dan Angdes di samping kiri kanan pasar Lematang. Indaharmansyah berencana akan menertibkan atau nanti dicari lokasi memungkinkan sebagai solusi terbaik untuk mereka dipindahkan.

Hal senada juga dikatakan Kasat Lantas Polres Lahat, AKP. Rio Artha Luwih. SIK saat dikonfirmasi BBCom (22/2), dirinya mengucapkan terima kasih atas masukan dan informasi warga yang menyambut positif ujicoba jalur satu arah.

Begitupun permintaan warga untuk membubarkan PKL, Rio menerangkan tentang permasalahan PKL yang berada di samping Pasar Lematang tersebut sudah pernah menjadi topik bahasan dengan dinas terkait.

“Namun untuk lebih jelasnya nanti, InsyaAllah saat rapat evaluasi minggu pertama akan saya bahas dengan Forum Lalu Lintas Kabupaten Lahat,” lugas Kasat Lantas seraya mengeluarkan senyum khasnya. (Baraf Dafri. FR)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *