Ayah-ayah Cinta

19 Mei 2019 / 08:35 WIB Dibaca sebanyak: 134 kali 1 Komentar

Sosok pria yang tidak pernah merasakan kelelahan akan perihnya kehidupan. Sosok pria yang mungkin telah memikul banyak berat beban, yang telah letih, gigih, dan selalu mengorbankan yang terbaik bagi keluarga tercintanya. Tak heran betapa sangat pentingnya seorang ayah bagi keluarganya. Ayah, terima kasih, karenamu aku mampu menjadi seorang yang mandiri dan mengatasi sebuah masalah secara dewasa. Meski sering kali aku menjerit dan ingin kembali ke pelukanmu.

Seperti yang kita ketahui bahwa, seorang yah merupakan tulang punggung serta penopang bagi keluarganya. Perjuangan seorang ayah tidak semudah yang dipikirkan seorang anak. Betapa banyak anak-anak di luar sana yang hanya memikirkan kesenangan mereka tanpa memikirkan perjuangan seorang ayahnya demi membahagiakan mereka. Begitu juga dengan perjuangan Ayahku dikehidupan yang sulit ini, beliau tetap berjuang untuk kebahagian anak-anaknya.

Ayah yang sangat amat sibuk hanya untuk memikirkan keluarganya tanpa memikirkan dirinya sendiri. Beliau lah yang semangat bekerja keras pontang-panting hanya untuk perekonomian keluarganya agar tetap makmur. Terkadang banyak persoalan yang beliau hadapi tentang rumitnya dunia pekerjaan, tetapi beliau tetaplah berusaha berwibawa di depan keluarganya tanpa membawa keluarganya terutama anaknya ke dalam persalan yang dihadapinya.

Sesekali aku merasakan sakit hati di beberapa persoalan termasuk dalam caraku bersosialisasi dengan teman-temanku, tetapi karena banyak pelajaran yang engkau ajarkan kepadaku, aku mampu menyembuhkannya sendiri dan tetap bersemangat memperluas pertemanan tanpa dendam. Tetapi kini aku mengerti, akan ada saatnya dimana aku harus menapaki jejak dan melangkah sendiri. Karena ayah, aku sudah menjadi seseorang yang mandiri dan mampu mengatasi masalah sendiri, meski langkahku sangatlah berat dan tertatih.

Di beberapa kesempatan aku mengerti, di mana disaat Ayahku mengalami persoalan yang sulit, baik persoalan mengenai perekonomian maupun lika-liku pekerjaan yang memang sangatlah banyak ujiannya. Terkadang aku menghapirinya lalu berusaha menghibur dan menanyakan apa permasalahan yang dihadapinya.

Kasih sayang seorang ayah terhadap anaknya pun sngatlah penting bagi tahap perkembangan anaknya. Terlebih seorang ayah mempunyai peran penting bagi putranya, karena pada usia remaja pada umumnya anak mampu ‘meniru’ perilaku ayahnya, terutama dalam mengatasi permasalahannya sehari-hari. Beliau begitu bertanggung jawab dalam profesi dan apa yang seharusnya layak yang dilakukan kepada keluarganya. Terima kasih ayah kau tetap gagah melawan ombak, kegigihan dan perjuanganmu demi kebahagian keluargamu, terkadang kau tersungkur, namun kau tetap berusaha menjadi yang terbaik dan berusaha melakukan yang terbaik bagi keluargamu.

(Bagas Adityo/Politeknik Negeri Jakarta)

Bagikan
Share

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *