Apa itu Teknik Grafika dan Penerbitan (Jurnalistik)?

12 November 2019 / 19:05 WIB Dibaca sebanyak: 532 kali Tulis komentar

Suber Foto Akurat.co

Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), kampus yang terletak di kawasan Depok. Dahulu kampus ini bernama Politeknik Universitas Indonesia. Tahun 1998 nama kampus tersebut resmi diubah namanya menjadi Politeknik Negeri Jakarta.

Politeknik Negeri Jakarta memiliki  jurusan yang terdiri dari Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Informatika & Komputer, Teknik Grafika & Penerbitan (Jurnalistik), Akuntansi, Administrasi Bisnis (Niaga), Manajemen Pemasaran.

Dari semua jurusan tersebut, pastinya ada satu jurusan yang tidak ada di universitas manapun, yaitu Teknik Grafika dan Penerbitan (Jurnalistik). Pastinya siswa/siswi yang baru lulus dari SMA bertanya-tanya dan bingung jurusan apa? Dan pembelajarannya dikampus seperti apa? Berikut akan jelaskan seperti apa pembelajaran kuliah Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) pada jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan (Jurnalistik) ini?

Teknik Grafika & Penerbitan (Jurnalistik), jurusan yang baru resmi ada di Politeknik Negeri Jakarta pada tahun 2004. Teknik Grafika & Penerbitan (Jurnalistik) memiliki program studi yang meliputi, Teknik Grafika (D3), Desain Grafis (D4), Teknologi Industri Cetak Kemasan (TICK) (D4) dan Penerbitan (Jurnalistik) (D3).

Program Studi Teknik Grafika menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi, pengetahuan, keahlian dan keterampilan teknologi cetak yang meliputi pracetak, produksi cetak, dan pascacetak. Teknik Grafika ditunjang fasilitas praktik produksi yang lengkap mulai dari mesin konvensional sampai dengan mesin cetak digital, laboratorium ilmu bahan grafika, simulator cetak, mesin cetak offset satu warna, dua warna dan empat warna, mesin finishing cetak.

Program Studi Desain Grafis memiliki akses untuk melihat langsung proses produksi cetak sehingga dapat memahami proses produksi dengan lebih baik. Lulusan Program Studi Desain Grafis dapat menempati jabatan sebagai desainer grafis media, desainer grafis kemasan, desainer grafis media promosi, art director dan ilustrator di agency periklanan, butik kreatif, media massa, penerbitan, dan industri-industri lain yang membutuhkan jasa desain grafis.

Program Studi Teknologi Industri Cetak Kemasan ditunjang oleh fasilitas workshop (bengkel) dan laboratorium yang memadai untuk mendukung kegiatan praktek mahasiswa. Dengan dukungan tenaga pengajar dari akademisi dan praktisi yang berpengalaman dibidangnya, maka Program Studi Teknologi Industri Cetak Kemasan akan menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri kemasan.

Program Studi Penerbitan memberikan jaminan pada calon mahasiswa untuk dapat berperan menjadi: Wartawan Muda, yaitu mencakup bidang pekerjaan sebagai: reporter dan editor dalam industri media massa. Pembelajaran dalam bidang reporter mampu melakuka perencanaan liputan, mencari bahan liputan termasuk informasi dan referensi, melaksanakan wawancara, menulis, dan mengolah hasil liputan dan menghasilkan karya jurnalistik, dan mendokumentasikan hasil liputani. Untuk pembelajaran Editor, mampu melakukan penyuntingan karya jurnalistik, mengompilasi bahan liputan menjadi karya jurnalistik, memublikasikan berita layak siar, dan melakukan liputan berkedalaman. (Katarina Ariesta)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *