Alhamdullilah Rehap Puyang Sekampung Telah Rampung.

1 Februari 2018 / 19:49 WIB Dibaca sebanyak: 584 kali Tulis komentar

PEDAMARAN BBCom – Perusakan situs makam leluhur puyang sekampung mengundang keprihatinan banyak pihak. Pasalnya perusakan situs dilakukan orang tak dikenal (OTK), sekitar seminggu lalu.
Situs yang belum masuk daftar sejarah di Kabupaten Ogan komering ilir ini adalah orang yang sangat berjasa besar dalam perkembangan kehidupan masyarakat Pedamaran.

Kini makam tersebut sudah di perbaiki dengan keadaan yang lebih baik dari sebelumnya, pembangunan ini dilakukan oleh tukang las keramat jaya pimpinan Reno Iskajaya. Saat di wawancarai Reno mengatakan bahwa bangunan ini dibangun oleh hamba Allah yang prihatin dengan keadaan makam tersebut “kita hanya melaksanakannya” katanya

Makam puyang sekampung ini dapat di tempuh dengan waktu 30 menit dari kecamatan Pedamaran melalui ketek/motor air. Banyak orang – orang yang berdatangan dari dalam maupun luar daerah untuk berziarah ke makam beliau.

Di lain waktu ketua Barisan Pemuda Adat Sumatera Selatan Angriawan mengatakan yang jelas, kedepannya soal puyang sekampung. Kita harus mendesak seluruh Pemdes & Pemerintahan kecamatan untuk mengeluarkan kebijakan bersama terkait penetapan situs peninggalan sejarah puyang sekampung agar direkomendasika ke dinas kebudayaan dan dinas terkait, agar segera ditetapkan menjadi disitus sejarah, dengan begini insya Allah situs puyang sekampung dapat kita jaga bersama tambahnya. (***)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *