Perlu Kerjasama Semua Pihak Untuk Majukan Pariwisata Kota Bandung

3 Januari 2017 / 22:44 WIB Dibaca sebanyak: 393 kali Tulis komentar

BANDUNG BB.Com— Untuk memajukan dunia pariwisata, diperlukan kerjasama semua pihak. Tak hanya pemerintah daerah, sektor jasa ini juga membutuhkan sinergi terutama para pelaku industri pariwisata itu sendiri.

“Kelemahan pariwisata di Bandung, tidak bersatunya organisasi-organisasi pariwisata. Sok aing-aingan (sendiri-sendiri—red), belum lagi daya dorong pemerintah di kota Bandung, sangat kecil,” jelas Alex, dari Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) disela pembentukan panitia Bandung Award, di Hotel Grand Pasundan Jalan Peta Bandung Selasa (3/1).

Menurutnya, dukungan pemerintah Kota Bandung selama ini dirasa juga kurang. Padahal salah satu income Pemkot Bandung dari sektor pariwisata cukup besar.

“Apbd di kota Bandung untuk pariwisata berapa, tidak ada. Berapa anggaran pemerintah yang dikerjasamakan oleh organisasi, hampir tidak ada, karena itu kita harus bersatu, bukan malah saling menjelekkan,” tambah Alex yang disambut applus peserta dari puluhan organisasi pariwisata.

Karena itu, pihaknya meminta jangan ada lagi saling menjatuhkan, menjelekkan antara satu sama lain. Sudah waktunya bahu membahu bersama sama membangun pariwisata yang lebih baik. “Utamanya bagaimana even Bandung Award ini bisa mendorong bersatunya industri pariwisata,” pungkasnya.

Sementara, Jack Febrian Rusdi, GM Jacktour& Travel mengungkapkan, pertemuan tersebut dimaksud agar para pelaku industri pariwisata Kota Bandung dapat bersatu, dimana selama ini dinilai berjalan sendiri-sendiri.

“Karena tidak ada wadah, jadi terlihat berjalan masing-masing. Selama ini dengan beberapa organisasi, kita sudah bersatu. Namun dengan tumbuhnya organisasi baru, kita kumpulkan disini, untuk optimalisasi, kerjasama baik dengan lembaga pemerintah maupun swasta,” ujar Jack.

Menurutnya, ada beberapa kendala yang dihapi terkait penyatuan tersebut. Salah satunya masalah wilayah.

“Bandung raya, diakomodir oleh Bandung Award. Antara Bandung dan Kabupaten Bandung, agak sulit. Selama ini Kabupaten yang ada di sekitar Jabar, tidak tergabung di Bandung Award. Sementara disinilah munculnya ide ide kreatif dan terintegrasi satu dengan yang lain, sehingga mereka bersama sama membangun pariwisata melalui Bandung Award,” tutup Jack yang juga penanggung jawab Bandung Award.

Bandung Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada para pelaku usaha pariwisata atas pelayanan yang diberikan. Saat ini lebih dari 100 organisasi pariwisata bergabung di Bandung Award yang sudah berjalan selama 4 tahun itu. (*)


Keterangan Foto : Pelaku Pariwisata Puluhan organisasi industri Pariwisata menghadiri pertemuan yang digagas Bandung Award di Grand Pasundan hotel Bandung. Untuk meningkatkan pariwisata di Kota Bandung, diperlukan kerjasama semua pihak terutama organisasi pariwisata itu sendiri.


 

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *