oleh

Warga Desa Cikaso Berharap Pemerintah Segera Menanggulangi Longsoran Bantaran Sungai

CIAMIS | BBCOM | Pasca meluapnya air disungai Cikaso beberapa minggu lalu ( 26/10/2020 ) menyisakan trauma yang mendalam bagi sebagian warga Rt 06/02 Dusun Karangsari Desa Cikaso Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis. Pasalnya setiap kali sungai Cikaso meluap selalu mengakibatkan banjir.

Menurut Tono akibat dari meluapnya sungai Cikaso beberapa minggu lalu  mengakibatkan banyak longsoran hampir sepanjang sungai. Bahkan akibat dari longsoran tersebut terus menggerus tanah di belakang rumah miliknya. 

“Sebelum banjir datang sudah longsor, saat ini sekitar ada 3 rumah yang posisinya terancam abrasi sungai tersebut, batas antara rumah saya dan bantaran sungai hanya menyisakan beberapa meter saja” Ujar Tono kepada BBCOM ( 6/11/2020 ) 

Lebih lanjut dikatakan Tono, sepengetahuan dirinya, sepanjang bantaran sungai Cikaso ada tanggulnya. namun sekarang tanggulnya hampir rata rata hilang di telan zaman dan banjir. “Kami merasa khawatir takut bila sewaktu waktu hujan deras datang kami sekeluarga merasa was was dan cemas. Sebetulnya kami sudah berkeinginan pindah rumah tapi kemana, sebab hanya tanah yang kami tempati ini yang kami punya.” tuturnya 

BACA JUGA  Ops Yustisi Gabungan Polsek Jatiwangi Sasar Pengguna Jalan Tak Patuhi Prokes

Dilain pihak Ipin sebagai tokoh pemuda setempat kepada BBCOM menuturkan, dampak dari banjir ini mengakibatkan banyak kerusakan di sepanjang bantaran sungai Cikaso, seperti jalan akses penghubung ke Desa Cikaso juga terancam, karena luapan air sungai Cikaso kemarin terus menggerus tanah bantarannya.

Sebagai Ekbang Desa Cikaso Dudi juga menyampaikan, longsoran atau abrasi yang berada di Dusun Karangsari tersebut sebelum terjadi banjir kondisinya sudah membahayakan, apalagi terjadi banjir tambah parah kondisinya.

BACA JUGA  H. Mirza Agam Gumay SMHk: Potensi Cianjur Selatan Bila Jadi Daerah Otonomi Baru

“Sebenarnya dari dulu pemerintahan Desa Cikaso sudah berulangkali meng usulkan melalui surat yang ditujukan kepada pemerintah juga dinas terkait dan ke BBWS Citanduy, hingga sekarang belum ada realisasinya.” ucap Dudi pada media ini.

Dudi selaku Ekbang Desa Cikaso, tokoh pemuda dan warga Rt 06/02 dusun Karangsari berharap kepada Dinas Sumber Daya Air provinsi, Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy, pemerintah daerah juga dinas instansi terkait sesegera mungkin menanggulangi longsoran bantaran sungai tersebut. 

“Mudah mudahan ini menjadi sekala prioritas mengingat banyak pemukiman warga yang tengah terancam longsor dan banjir” pungkasnya. (ags)

Komentar