Walau Gagal Melanda, Semangat selalu Ada

19 Mei 2019 / 05:08 WIB Dibaca sebanyak: 382 kali Tulis komentar

Pada saat ini, sebutir kegagalan yang terjadi dalam suatu proses kehidupan, dianggap menjadi penghancur bagi beberapa orang. Semangat yang menggebu diawal proses hilang seketika setelah kegagalan menghampiri. Namun, sangat disayangkan bagi orang yang demikian, karena tiap kegagalan, terdapat sebuah pelajaran bermakna dibaliknya. Kuncinya hanya satu, yaitu SEMANGAT.

Tidak hanya orang dewasa, mahasiswa dan jenjang kebawahnya pasti pernah mengalami kegagalan yang membuatnya cukup tertekan untuk melanjutkan perjalanannya. Namun semua itu dapat dihindari apabila kata SEMANGAT masih berkobar didalam diri kita. Tidak peduli seberapa kecil rasa semangat nya, hanya butuh sebuah pemicu untuk membakarnya lebih hebat lagi.

Bagi beberapa orang, untuk menambah semangat dalam hidupnya, mereka melakukan beberapa kegiatan yang mereka sukai, namun tidak dapat di aplikasikan bagi orang-orang yang tidak demikian. Ada juga yang mendapat rasa semangatnya dari orang-orang terdekat yang memberikannya semangat, atau orang yang dia sayang memberikannya sepatah dua patah kata yang sapat membuatnya kembali bersemangat.

Berhenti Mengeluh

Salah satu penghambat bagi diri sendiri untuk meningkatkan semangatnya ialah rasa mengeluh terhadap dirinya sendiri. Hal ini tentu memberikan sebuah alam bawah sadar, dimana diri kita berfikir untuk tidak dapat semangat. Contohnya, disaat kita gagal mendapat juara pada acara tertentu, lalu didalam diri kita mengungkapkan kekesalannya kepada diri sendiri seperti, “aku akan selalu gagal seperti ini”, hal ini yang akan menjadi penghambat terbesar bagi mereka yang susah untuk menerima keadaan.

Perlu diingat, sebuah kegagalan itu tidak selamanya bersumber dari kekurangan pada diri kita, percayalah, tiap usaha yang sudah kita kerjakan dengan sungguh-sungguh, namun belum mampu menyaingi orang lain yang merupakan target kita, itu adalah titik puncak tertinggi bagi diri kita untuk melakukannya, tidak semua hal yang kita ingin dapat kita lakukan. Karena pada dasarnya tiap masing-masing diri kita punya kelebihan dan rasa semangat pada satu atau dua hal.

Oleh karena itu, sebesar apapun kegagalan yang pernah kita dapat, entah itu karena kurangnya kemampuan dari diri kita, atau karena kemampuan orang lain yang jauh lebih unggul daripada kita, jangan pernah sekalipun untuk meredupkan semangat untuk bangkit, seperti yang dikatakan oleh Nick Vujicic, “jika kalian gagal 1000 kali, percayalah, kalian akan berhasil di percobaan ke 1001”. Walaupun kalimat tersebut terkesan hanya ucapan semata, ada baiknya diterapkan pada kehidupan, dengan tidak meredupkan semangat yang membara. (daffa maududy)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *