Wajib Padamkan Lampu Saat Tidur

26 Juni 2019 / 17:23 WIB Dibaca sebanyak: 234 kali Tulis komentar

Tubuh sangat membutuhkan istirahat, tidur di malam hari adalah waktu yang sangat baik dan tepat mengistirahatkan tubuh. Orang Indonesia, memiliki suasana tidur favorit masing-masing. Ada yang lebih suka tidur dalam gelap, ada juga yang lampunya harus nyala.

Tapi, kebanyakan dari kita suka tidur dalam kondisi lampu menyala.  Salah satu alasannya, karena mereka takut kegelapan. Padahal para ahli sudah meneliti bahaya menggunakan lampu saat tidur.

Ketika mata terpapar oleh cahaya tersebut menghambat sel saraf dan menekan pelepasan hormon melatonin, yang membantu Anda tertidur. Terlalu banyak paparan cahaya sesaat sebelum Anda tidur juga dapat mencegah Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik. Jadi, sebaiknya matikan lampu Anda sebelum tidur untuk memberikan sinyal pada tubuh Anda bahwa ini adalah waktunya tidur, sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

Tidur dalam keadaan lampu menyala dapat menyebabkan masalah kesehatan. Masalah kesehatan ini mungkin terjadi karena paparan cahaya pada saat tidur dapat berdampak pada terganggunya hormon dalam tubuh. jadi, mulailah membiasakan diri untuk tidur dengan keadaan gelap dan minim akan cahaya.

Beberapa dampak negatif dari penggunaan lampu saat tidur adalah. Obesitas yang terjadi pada wanita tidur dalam ruangan lampu menyala cenderung memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) yang lebih tinggi dan lingkar pinggang yang lebih besar daripada wanita yang tidur dalam kondisi kamar yang gelap.

Depresi, menunjukkan bahwa orang depresi memiliki cahaya lampu yang lebih terang pada kamar mereka saat tidur. Gangguan tidur atau kualitas tidur yang buruk yang disebabkan karena lampu menyala dapat dihubungkan dengan depresi.

Insomnia, menyalakan lampu saat tidur dapat membuat kualitas dan kuantitas tidur menjadi buruk. Cahaya dapat menurunkan kadar melatonin yang diproduksi tubuh, sehingga dapat membuat rasa kantuk Anda berkurang dan membuat Anda sulit tidur.

Lampu menyala menghalangi kerja hormon baik dalam tubuh, Sebanyak 80 % hormon baik yang terdapat di dalam tubuh manusia, akan bekerja secara optimal pada waktu malam hari. Karena kebanyakan dari hormon tersebut sangat peka terhadap rangsangan cahaya.

Tekanan darah tinggi. Penelitian dalam jurnal Chronobiology International menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan banyak paparan cahaya saat tidur mempunyai tekanan darah yang lebih tinggi daripada mereka yang tidur dalam kondisi gelap.

Hormon melatonin yang merupakan salah satu hormon kekebalan tubuh untuk pertahanan terhadap gangguan kesehatan berbahaya seperti kanker prostat dan kanker payudara tidak akan berproduksi jika anda tidur dengan keadaan lampu yang menyala. Adanya sinar atau cahaya akan membuat produksi hormon melatonin ini terhenti. Maka dari itu, sebaiknya matikan lampu anda ketika tidur malam hari.

Sejauh ini ternyata tidur malam dengan keadaan lampu yang mati dan ruangan yang gelap total mendatangkan banyak manfaat. Selain menghemat energi, gangguan kesehatan yang berbahaya pun bisa dihindari dengan ruangan yang gelap saat tidur malam. Jadi, lakukanlah tidur malam tanpa lampu yang menyala mulai dari sekaran. (Nadiyah Fitriyah/mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *