Waduk Darma Kuningan Mendapat Kehormatan Menjadi Lokasi Puncak Perayaan Hari Air Sedunia

23 Maret 2019 / 07:53 WIB Dibaca sebanyak: 283 kali Tulis komentar

BANDUNG BBCom– Sekdis SDA Jabar Andri Heriyanto mengatakan secara nasional, puncak perayaan hari air sedunia akan berlangsung di Waduk Darma Kuningan, Jawa Barat. Pelaksanaannya tanggal 29 Maret 2019, atau 7 hari setelah hari air sedunia 22 Maret 2019.

“Jawa Barat tepatnya, Waduk Darma Kuningan, mendapat kehormatan untuk menjadi lokasi puncak perayaan hari air sedunia,” kata Andri di sela kegiatan perayaan hari air sedunia yang berlangsung di Kantor SDA Jl Braga 137, Babakan Ciamis, Sumurbandung, Bandung, Jumat (22/3-2019).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dipastikan akan hadir, selain itu beberapa menteri kabinet indonesia kerja dipastikan juga akan hadir beberapa di antaranya Menteri Pariwisata, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan lain sebagainya.

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan SDA Jabar Bambang Sumantri menambahkan ada dua kegiatan yang akan dilaunching pada acara puncak hari air sedunia tersebut.

Pertama, pencanangan waduk, situ, saluran dan pantai multifungsi di Jawa Barat. Didalamnya ada, revitalisasi, dan penataan Waduk Darma, Situ Ciburui, Situ Rawa Kalong, Kalimalang, dan Pangandaran.

“Ini sebagai sumber air, destinasi wisata, watersport dan juga gelar budaya. Ini juga, sebagai lima proyek strategis sumber daya air di Jawa Barat, yang tahun ini (2019) mulai dilaksanakan,” jelasnya.

Yang kedua, pencanangan waduk darma sebagai destinasi wisata internasional. “Ini kaitannya dengan Dinas Pariwisata,” jelasnya.

Yang tidak kalah menariknya, dalam puncak perayaan hari air sedunia tersebut juga akan dilakukan tebar bibit ikan sebanyak 1 juta butir.

Apa saja jenis ikan yang akan ditebar, menurut Bambang tidak diketahui secara pasti sebab untuk kegiatan ini, penanggungjawabnya adalah Dinas Perikanan. “Jenis ikannya apa saja, saya kurang tahu, karena tidak semua ikan bisa hidup disana (waduk darma),” terangnya.

Ikan ditanam, dengan harapan untuk menghidupkan ekosistem air. (Red/ris)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *