Volunteer : Mengali Pengalaman dengan Sukarela

19 Mei 2019 / 09:11 WIB Dibaca sebanyak: 322 kali Tulis komentar

Tanpa dibayar, bekerja keras dengan iklas dengan dalih untuk pengalaman dan menambah pertemanan. Volunteer, orang biasa menyebutnya.

Anak muda yang haus pengalaman dengan sukarela ikut acara Ramadhan Jazz Festival ke-9. Afifah Adha, mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta kelahiran Maret 1999 itu mendaftar sebagai Volunteer Desain di Ramadhan Jazz Festival ini.

“Ikut volunteer gini buat nambah pertemanan sama nambahin pengalaman si,” ujar Afifah ditemui di Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat, tempat acara Ramadhan Jazz Festival diadakan.

Meskipun lelah dengan tugas yang diberikan kepadanya, Afifah tetap semangat dengan adanya tim yang selalu mendukungnya.

Ada 6 orang yang tergabung dalam tim desain RJF ini, terdiri dari 2 orang official dan 4 orang volunteer. Menurut Afifah mereka adalah yang solid, saling bisa membantu satu sama lain.

BACA JUGA  Polres Banjar Berhasil Bekuk Pelaku Pembunuhan Sadis Anak Dibawah Umur

Ditambah lagi dengan Afifah yang sedang berkuliah, Dia harus membagi waktu antara kuliah dengan tugas volunteer yang diikutinya.

“Capek si iya tapi kalau udah mau ikut, berarti harus bisa tanggung jawab buat nyelesein,” ujar Afifah.

Banyak orang yang memandang bahwa volunteer itu adalah kepanitiaan yang dibayar , tapi lebih dari itu ikut volunteer seperti ini adalah untuk memperbanyak relasi dan pengalaman. Yang nantinya sangat digunakan di dunia kerja.

Afifah memilih mengikuti volunteer yang berbeda dari jurusan kuliahnya. Sebagai mahasiswi Akuntansi Afifah juga tertarik dengan yang berhubungan dengan desain.

BACA JUGA  Hari Kerja Harus Ngantor, "Banyaknya PNS Bolos Saat Menjelang Ramadhan"

“Karena di kampus ga diajarin makanya ikut volunteer gini biar bisa nambah ilmu dari temen baru,” jelas Afifah

Afifah dan tim desainnya bertugas seminggu sebelum acara, untuk membuat desain konten untuk di unggah di Instagram Ramadhan Jazz

Selain Afifah, Masih banyak volunteer lainnya yang tergabung dalam Ramadhan Jazz dengan kisah yang berbeda pula.

Ramadhan Jazz diadakan 18 dan 19 Mei 2019 yang mendatangkan sederet penyanyi dan band papan atas Indonesia antara lain Glenn Fredly, Hivi, Andre Hehanusa, Element Reunion, Rizky Febian, Dengarkan Dia, Dan lainnya.

Ramadhan Jazz kali ini juga mengundang penyanyi Amerika Serikat, Jeremy Passion sebagai Guest Star. (Rifqy Amin)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *