UKPBJ KBB Raih Penghargaan Tingkat Kematangan Level Proaktif, Titik Awal Untuk Menjadi UKPBJ Unggulan

Kepala UKPBJ Kabupaten Bandung Barat (KBB) Eyet Nurhidayat, S.Pd.MM.Pd. Saat menerima Penghargaan di Mercure Hotel Karawang Jawa Barat.

BANDUNG BARAT | BBCOM | Dalam rangka mendorong agar seluruh UKPBJ di kabupaten/kota se Jawa Barat mendapatkan penilaian ITKP (Indeks Tata Kelola Pengadaan) dengan status minimal baik serta segera mendapatkan status UKPBJ dengan level proaktif yangpenilaiannya dilakukan oleh LKPP RI (Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah Republik Indonesia) selaku instansi pembina UKPBJ di seluruh Indonesia, beberapa waktu lalu tepatnya tgl 25 -26 April 2024, Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi Jawa Barat mengadakan inisiasi bertempat di Mercure Hotel Jl. Galuh  Mas Raya Sukaharja Teluk Jambe Timur Karawang.

Melalui Tema “Pencapaian Tingkat Kematangan UKPBJproaktif sebagai Pondasi  Utama dalam transformasi Digital Untuk Pengadaan Cepat, Tepat dan Bermanfaat”, kegiatan tersebut dihadiri 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Beberapa narasumber yang hadir pada kegiatan tersebut adalah Patria Susantosa selaku Deputy Bidang Transformasi Pengadaan Barang, Yulianto Prihandoyo selaku Direktur Pasar Digital Pengadaan, dan Erlangga selaku Analis Kebijakan Madya Direktorat Advokasi Pemerintah Daerah.

Pada kesempatan itu, Hermawan selaku Plt Deputy Bidang Pengembangan dan Pembinaan SDM yang juga merangkap Direktur Pengembangan Profesi Dan Kelembagaan memberikan sambutan yang intinya mengapresiasi setinggi tingginya kepada 20 kabupaten/kota di Jawa Barat yang telah mencapai tingkat kematangan level Proaktif. Sedangkan untuk kebupaten/kota yang belum mencapai tingkat kematangan level proaktif disarankan agar segera melaksanakan koordinasi dengan Biro Pengadaan Provinsi serta Tim Penilai Tingkat Kematangan LKPP agar bisa meningkatkan level ke tingkat kematangan.

Pada kegiatan tersebut terdapat agenda yang diantaranya adalah Desk Tingkat Kematangan UKPBJ yang langsung dipimpin Tim Penilai Kematangan dari LKPP RI serta pemberian penghargaan kepada UKPBJ yang berhasil mencapai level Proaktif terhitung 24 April 2024. Pada kesempatan itu, UKPBJ Kabupaten Bandung Barat berhasil mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten yang telah berhasil mencapai tingkat Kematangan Proaktif sejak Oktober 2023. Penghargaannya diberikan oleh Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi Jawa Barat.

Eyet Nurhidayat, S.Pd.,MM.Pd selaku kepala UKPBJ Kabupaten Bandung Barat yang langsung menerimapenghargaan tersebut dalam sambutannya mengatakan bahwapenghargaan tersebut merupakan titik awal UKPBJ Kabupaten Bandung Barat untuk lebih berkembang lagi dikemudian hari. “Dengan penghargaan ini juga diharapkan UKPBJ Kabupaten Bandung Barat dapat menjadi pusat unggulan dalam hal pengadaan barang dan jasa pemerintahkhususnya di lingkungan pemerintah Kabupaten Bandung Barat”.

Dengan keberhasilan mencapai tingkat kematangan Proaktif yang dicapai UKPBJ KBB, maka ke  depanpengembangan SDM berkualitas menjadi salah satu sasaran yang harus dibenahi agar menunjang status baru UKPBJ KBB. Dalam hal ini, perhatian yang lebih dari kepala daerah juga sangat dibutuhkan agar level Proaktif yang diraih UKPBJ KBB bisa berjalan sesuai amanah yang diberikan oleh LKPP RI. (advertorial-PBJ KBB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *