Tidak Perlu Merasa Dikejar Oleh Waktu. Yuk! Simak Jurus Ampuh Menghilangkan Kebiasaan Datang Terlambat.

21 Juni 2019 / 11:39 WIB Dibaca sebanyak: 246 kali Tulis komentar

Sumber gambar : markamber.blogspot.com

Salah satu dari kebiasaan buruk yang sulit diubah oleh masyarakat Indonesia, yaitu menghilangkan kebiasaan sering datang terlambat atau istilah sekarang disebut “ngaret”. Hal ini tidak bisa dipungkiri lagi, penyebabnya kebiasaan ini muncul dari kebanyakan masyarakat Indonesia sering mengulur-ulurkan waktu. Mengatasi sebuah kebiasan buruk untuk diri sendiri seperti ini sangat sulit apalagi kebiasaan itu dilakukan oleh banyak orang.

Menurut teori, Jam karet adalah istilah yang merujuk kepada konsep “elastisitas” waktu, di mana sebuah waktu yang telah ditentukan bukan merupakan sesuatu yang pasti, melainkan sesuatu yang dapat diundur (dianalogikan dengan direnggangkan seperti karet) sehingga lebih bersifat sebagai penanda suatu jangka masa yang berkisar pada waktu tersebut.

Penyebab dari kebiasaan masyarakat Indonesia yang sering melakukan hal tersebut bisa jadi karena faktor geografis. Di Indonesia, mata pencahariannya adalah sebagai petani. Indonesia hanya memiliki dua musim, bila mereka ingin bercocok tanam bisa dilakukan kapan saja. Hal ini menyebabkan mereka sangat terlalu santai. Mereka bisa bercocok tanam kapan pun.

Berbeda dengan di Negara-negara yang memiliki empat musim. Untuk bercocok tanam, mereka harus pintar bagaimana mengatur waktu yang tepat. Ini mengakibatkan orang yang tinggal di Negara-negara tersebut lebih tepat waktu daripada di Negara seperti Indonesia. Apabila mereka salah mengatur waktu, akibatnya tanaman yang mereka tanaman tidak bisa berkembang dengan baik, bahkan bisa mati.

Sebagai generasi selanjutnya, tidak sepantasnya mengikuti budaya seperti itu. Kita harus bisa memilah mana hal yang patut ditiru atau tidak. Untuk mengubah kebiasaan buruk itu, bisa dimulai dari kebiasaan kecil diri kita sendiri. Misalnya, dengan datang tepat waktu baik sekolah, kuliah maupun kerja. Bila dari diri sendiri saja sudah tidak bisa mengubah kebiasaan itu, bagaimana bisa mengubah kebiasan yang dilakukan oleh banyak orang. Setelah kita bisa mengubah kebiasaan diri sendiri, barulah kita mengajak orang-orang di sekitar agar berhenti menyepelekan dan membuang waktu untuk hal yang tidak efektif. Waktu yang hanya 24 jam itu harus lebih dimanfaatkan agar bisa berguna.

Karena budaya jam karet merupakan budaya yang kurang baik, jadi sebaiknya kebudayaan tersebut tidak larut-larut dilestarikan oleh banyak orang indoneisa. Agar kita sebagai orang Indonesia bisa belajar bagaimana cara disiplin waktu caranya adalah dengan cara belajar mengatur waktu yang ada. Berikut inilah beberapa tips untuk menghilangkan kebiasaan sering datang terlambat, yaitu :

1. Mulai menyadari diri jika terlambat itu merugikan.

Ini adalah langkah paling awal yang harus kamu lakukan! Terlambat memang bukan sesuatu yang bisa diuntungkan, melainkan kamu mulai menumbuhkan rasa malu dan rasa bersalah saat kamu datang terlambat. Datang terlambat dari waktu janji ini yang akan meninggalkan kesan buruk dan membuatmu terlihat tidak bisa diandalkan.

2. Ketahuilah apa penyebab terlambat terus-menerus  

Saat kamu terlambat tentu saja kamu punya alasan di balik itu semua? Sekarang, kamu mulai perhatikan hal apa yang membuatmu sering terlambat. Menurut Keith Ablow, MD alasan untuk datang terlambat ini bisa berasal dari faktor psikologis kita, seperti perasaan gugup, perasaan spesial bahwa kamu berbeda dan lebih berkuasa, atau hanya ingin tahu dan mengetes seberapa lama orang ini akan menunggumu. Selain faktor psikologis di atas, perhatikan juga faktor kegiatan-kegiatan kecil yang sering menyita waktumu lebih dari yang seharusnya. Coba cek kembali seberapa sering kamu telat hanya karena keasyikan menggunakan gadget.

3. Cobalah untuk berangkat lebih awal

Buat kamu yang sudah terlalu akrab sama yang namanya terlambat , tidak ada salahnya kamu untuk datang 20 menit, 30 menit atau bahkan hingga 1 jam lebih awal dari waktu janjianmu. Jangan buat orang lain menunggumu! Setiap orang punya kesibukannya masing-masing. Waktu orang lain itu juga sama berartinya dengan waktumu sendiri. Oleh karena itu berhentilah untuk merusak rencana awal dan hargai waktu mereka dengan datang lebih tepat waktu. Waktu orang lain sangat berarti dibandingkan menunggumu dengan membuang-buang waktu. Jadi, hargailah waktu.

4. Tidur lebih awal

Tidurlah lebih cepat dan hindari begadang saat kamu tahu kamu ada acara di keesokan paginya. Tidur lebih cepat ini membuatmu mendapatkan istirahat yang cukup sehingga siap untuk acara apapun yang akan lakukan besok pagi.

5. Buat jam tangan , jam handphone , dan jam dinding kamarmu 10 hingga 30 menit lebih cepat

Ini adalah salah satu trik kecil untuk dilakukan! Kamu hanya tinggal mengubah dan memajukan settingan semua jam yang berada di dekatmu, mulai dari jam tangan yang biasa kamu gunakan, jam di gadget kamu hingga jam yang ada di kamar tidurmu. Namun cara seperti ini tidak akan pernah berhasil selama kamu selalu ingat bahwa waktu di jam itu telah kamu ubah settingannya. Oleh sebab itu, mintalah orang lain melakukannya untukmu dan biarkan mereka merahasiakan seberapa jauh waktu yang telah diubah itu.

6. Mulai buat kebiasaan On Time!

Mulai jadikan on-time menjadi salah satu kebiasaanmu dengan melihatnya sebagai hal yang baik untuk dilakukan. Selain itu, datang tepat waktu memang adalah hal yang baik dan sopan. Dengan datang tepat waktu kamu menunjukkan sikap menghargai orang lain, bisa diandalkan dan dapat dipercaya sehingga orang tidak trauma untuk janjian denganmu.

Itu dia tips tepat waktu buat kamu yang selalu terlambat saat janjian! Tapi satu hal penting yang perlu kamu ingat ya, datang tepat waktu akan memberikanmu kepuasaan sendiri karena kamu bisa membuktikan komitmenmu dan bisa buktiin kamu bisa ngalahin gangguan yang sering bikin kamu telat! Jadi, udah siapkah kamu untuk janji hari ini? (Katarina Ariesta Putri – Mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *