Tauge Goreng Primadona Khas Bogor

24 Juni 2019 / 08:12 WIB Dibaca sebanyak: 218 kali 1 Komentar

Indonesia yang terdiri dari berbagai pulau dan suku menghasilkan keberagaman budaya sebagai contoh pakaian adat, taraian, dan masakan khas daerah masingmasing. Khususnya kota Bogor, daerah ini memiliki beragam makanan khas salah satunya adalah tauge goreng. Hal yang menarik dari tauge goreng adalah tidak seperti namanya makanan ini tidak digoreng melainkan direbus.

Tauge goreng adalah hidangan vegetarian yang terdiri dari tauge, tahu, ketupat, lontong, serta mie kuning yang disiram dengan kuah atau saus tauco. Campuran dari kuah atau saus tauco membuat tauge goreng terasa gurih dan sedikit asam. Tauco sendiri merupakan fermentasi  dari biji kedelai yang direbus dan ditambahkan tepung terigu.  

Tidak seperti namanya, makanan ini tidak diolah dengan cara digoreng tetapi direbus. “Makanan ini tidak digoreng tetapi direbus, kata goreng bukan berasal dari cara pengolahan melainkan dari kata Sunda yang berarti jelek, jelek ini dimaksudkan karena tauge yang sudah direbus berubah menciut dan menjadi bengkok bentuknya” jelas Siti (25) selaku penjual tauge goreng yang dijumpai di Taman Topi, Bogor. Siti sendiri sudah berjualan tauge goreng selama enam bulan di Taman Topi, Bogor.

Penyajian tauge goreng ini pun cukup menarik, penjual akan menyajikan tauge goreng yang dibungkus dengan beberapa lembar daun patat. Daun patat sendiri memang biasa digunakan di Indonesia untuk membungkus makanan. “Memang tauge goreng harus dibungkus dengan daun patat agar wangi,” tutur Siti. Ia juga menambahkan, “Bahkan terkadang jika daun patatnya telah habis pembeli malah enggan untuk membeli, mereka berkata, jika tidak menggunakan daun patat rasanya menjadi kurang enak.” Daun patat soalah menjadi hal paten yang harus dihidangkan dengan tauge goreng.

Tauge goreng juga menjadi salah satu makanan khas yang paling dicari dan diminati masayarakat. Hal ini terbukti dari banyaknya masyarakat yang datang jauh dari luar kota Bogor  untuk menikmati hidangan khas Bogor, tauge goreng. “Pembeli yang berdatangan bahkan sering dari kota Bekasi dan Jakarta, mereka menuturkan, jika melancong ke Bogor makanan yang dicari pasti tauge goreng” ucap Siti.

Penulis : Ririn Rinawati Agustin, Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta

Bagikan
Share

1 Komentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *