Sore Hari di Pelabuhan Sunda Kelapa

23 Juni 2019 / 18:09 WIB Dibaca sebanyak: 137 kali Tulis komentar

Terletak di Penjaringan, Jakarta Utara, pelabuhan yang telah beroperasi sejak abad ke-12 ini masih menjalankan fungsinya sebagai dermaga transportasi laut. Zaman dulu, pelabuhan ini merupakan pelabuhan penting yang sangat ramai di pulau Jawa karena dijadikan tempat untuk keperluan dagang antarnegara ataupun atarpulau. Akan tetapi, saat ini, Pelabuhan Sunda Kelapa tidak seramai seperti dahulu. Pelabuhan ini, sekarang hanya melayani jasa untuk kapal antarpulau di Indonesia.

Dari pintu masuk, di sebelah kiri terlihat kapal-kapal Phinisi berjejer rapi di pinggir laut. Kapal-kapal tersebut digunakan untuk mengangkut barang-barang seperti beras, makanan-makanan ringan, besi-besi bangunan, semen, dan peralatan rumah tangga. Di sebelah kanan, juga banyak terdapat kontainer yang sengaja disusun rapih beberapa tingkat.

Sore hari, aktivitas pekerjaan di Pelabuhan Sunda Kelapa masih cukup sibuk. Kuli-kuli panggul masih mengangkat barang-barang untuk dipindahkan ke atas kapal. Kuli-kuli mengambil barang dari mobil box dan diangkat dengan bahu, lalu berjalan ke atas kapal melalui papan kayu, satu per satu barang pun diletakkan dan disusun rapi di atas kapal.

Barang-barang tidak hanya dipindahkan dengan cara manual, tetapi ada juga yang dipindahkan menggunakan crane kapal. Suara bising dari mesin crane kapal yang sedang mengait barang ke atas kapal pun terdengar jelas. Tidak hanya suara dari crane yang terdengar, tetapi juga terdengar suara mobil-mobil yang berlalu-lalang mengantarkan barang.

Selain itu, terdapat seorang pekerja yang sedang mengecat bagian bawah kapal menggunakan perahu kecil. Tidak semuanya sedang sibuk bekerja, beberapa pekerja ada yang sedang beristirahat di sekitar kapal. Di sini juga terdapat beberapa pedagang yang sedang berjualan seperti pedagang somay, gorengan, dan asongan.

Di Pelabuhan Sunda Kelapa ini, tidak hanya terdapat para pekerja dan para pedangang saja, tetapi di sini juga banyak wisatawan yang datang untuk berkunjung ke tempat bersejarah ini. Kebanyakan pengunjung terlihat asyik berfoto bersama teman atau pun keluarganya. Memang, pelabuhan Sunda Kelapa memiliki banyak spot foto yang menarik. Kapal-kapal dan kontainer-kontainer membuat background foto menjadi sangat menarik.

Selain itu, tidak jauh dari pelabuhan ini terdapat Museum Bahari yang juga menampilkan dunia kemaritiman Indonesia pada zaman dulu. (Muhammad Ferdiansyah)

 

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *