oleh

SMP Negri 11 Kota Cimahi Masih Memerlukan Ketersediaan Sarpras Yang Memadai

CIMAHI | BBCOM | SMP Negri 11 Kota Cimahi yang berlokasi di kawasan Cimenteng kota Cimahi, merupakan SMP Negri yang cukup diminati calon siswa yang ingin bersekolah di SMP Negri, terutama yang berasal dari kota Cimahi. Saat ini terdapat 12 rombongan belajar (rombel) yang bersekolah di SMP ini. Namun hingga kini, menurut kepala sekolah Dra. Endang Widyastuti, sarana dan prasarana sekolah masih belum memadai, sehingga masih diperlukan anggaran untuk memenuhi kebutuhan itu. Hal itu dikuatkan oleh kepala Bidang PSMP Dinas Pendidikan kota Cimahi, Edi Setiadi, Spd., MM, bahwa SMPN 11 kota Cimahi masih memerlukan ruang tata usaha, ruang UKS, ruang perpustakaan, ruang bimbingan konseling, lapangan upacara/lapangan olahraga, dan ruang untuk gudang.

Meskipun dalam tiga tahun terakhir SMPN 11 kota Cimahi mendapat bantuan dana APBD kota Cimahi, namun bantuan itu belum bisa memenuhi kebutuhan yang ada. Oleh karenanya, menurut Edi, tahun ini rencananya SMPN 11 akan mendapat dana DAK (Dana Alokasi Khusus) dari pusat untuk pembangunan ruang UKS, ruang tatausaha, dan laboratorium komputer.

Edi menjelaskan, Untuk lab. Komputer yang bantuannya dari DAK tahun 2021 anggarannya sudah ada. Hanya untuk ijin pembangunannya masih menunggu jawaban surat dari Kemendikbud. Disdik kota Cimahi sudah mengirim surat sejak 3 minggu lalu untuk minta izin pembangunan di lantai 3. Namun sampai sekarang belum ada jawabannya.

Pada kesempatan lain ketika ditemui di sekolahnya, Kepsek SMPN 11 Dra. Endang Widyastuti merasa bersyukur jika tahun ini SMPN yang dipimpinnya akan mendapat bantuan anggaran untuk pembangunan fisik. Dia juga memperlihatkan ruang perpustakan yang masih manyatu dengan ruangan staf.

“Oleh karena itu, ruang perpusatakaan juga masih sangat dibutuhkan. Jika terdapat ruang perpustakaan, maka akan memberikan kenyamanan membaca baik bagi bag para siswa maupun bagi para guru”, katanya.

Saat ini, menurut Endang, sekolah memiliki luas lahan 1.338 m2. Dengan luasan ini, masih diperlukan perluasan lahan untuk pembangunan fisik. Menurut Kabid PSMP Edi Setiadi, jika sekolah ingin menambah luasan lahan, sekolah harus mengusulkan ke disdik, nanti disdik yang mengusulkan kepemerintah kota Cimahi.

Ditambahkan Endang, untuk pembangunan ruang komputer bisa dilakukan ke atas karena struktur/konstruksinya sudah dipersiapkan. (Teddy Guswana)

Komentar