oleh

Sesuai Instruksi Kadis, UPTD Kesehatan Banjaranyar Dirikan Posko Pelayanan

CIAMIS | BBCOM | UPTD puskesmas Banjaranyar mendirikan posko Pelayanan kesehatan untuk warga pasca bencana banjir, posko tersebut berada di Dusun Pongporang Desa Sindangrasa Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis.

Pantauan di lokasi, nampak warga yang terdampak banjir, mulai berdatangan ke posko kesehatan. Gejala yang di keluhkan warga mulai dari gatal gatal, pusing, kutu air serta hipertensi.

Ari Angga Rianto, Kepala UPTD Puskesmas Banjaranyar ketika di temui di posko pelayanan kesehatan mengatakan, posko tersebut dibentuk, sebagai salah satu upaya tanggap darurat bencana banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Banjaranyar, dimana pihaknya sebagai petugas kesehatan bertugas memberikan fasilitas kesehatan, sesuai instruksi Kepala dinas Kesehatan Ciamis.

BACA JUGA  Ijah Akan Dorong Program Pengembangan Desa Untuk Menciptakan Pemerataan Pembangunan

Dikatakannya, posko kesehatan tersebut akan melibatkan petugas kesehatan delapan dari 8 Puskesmas korwil di Banjarsari.

“Posko kesehatan ini akan kami buka 24 jam, selama masa tanggap Darurat Bencana diberlakukan, para petugas Kesehatan akan piket secara bergilir dan petugas juga akan melakukan pendataan terhadap kelompok yang beresiko, seperti balita dan lansia ke setiap rumah yang akan di kunjungi” terangnya Rabu (28/10/2020).

Ia menambahkan, dalam kurun waktu 7 hari, selama masa tanggap darurat bencana, “kami akan melayani masyarakat secara terarah, terukur dan terkendali ” tandasnya

BACA JUGA  Pasca Banjir, Abrasi Sungai Cikaso Mulai Ancam Pemukiman

Warga merasa senang dengan adanya posko kesehatan bencana, pasalnya pasca banjir kemarin banyak warga mengalami berbagai macam keluhan yang berkaitan dengan kesehatan. Disamping itu warga pun mengapresiasi petugas kesehatan, mereka stand by setiap hari walau pun dalam keadaan cuti bersama. bahkan balita yang bernama Arsa datang bersama ibunya dari Dusun Pongporang Desa Sindangrasa Kecamatan Banjaranyar mengeluhkan diare, disertai mual mual dan saat ini sudah mendapatkan pelayanan. (G/Hendra)

Komentar

Berita Terbaru