oleh

Sebanyak 7 Kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon Kembali Terkonfirmasi

CIREBON | BBCOM | Sebanyak 7 kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon kembali terkonfirmasi, Sabtu (19/7/2020). Dari jumlah itu, 5 pasien merupakan pekerja migran Indonesia (PMI).

Gambar Istimewa

Para PMI yang terkonfirmasi positif itu berasal dari beragam negara. Mereka kini dirawat di RS Wisma Atlit, Jakarta.

Selain ke-5 PMI tersebut, seorang pasien lain merupakan tenaga kesehatan (nakes). Yang bersangkutan kini dirawat di RSUD Waled, Kabupaten Cirebon.

“Hari ini ada penambahan 7 kasus positif di Kabupaten Cirebon. Sebagian besar PMI dirawat di Wisma Atlit Jakarta,” kata Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon yang juga Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana, sebagaimana dikutip ayobandung.com grup siberindo.co Sabtu (19/7/2020).

Ke-7 pasien ini menambah jumlah kasus positif di Kabupaten Cirebon menjadi 38 orang. Sehari sebelumnya, otoritas setempat mencatat jumlah pasien positif 31 orang.

BACA JUGA  Dewan Jabar Apresiasi Peranan Satgas Citarum Harum Sektor 7

Dari 5 PMI tersebut, salah satunya seorang laki-laki berusia 34 tahun dari kluster Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon. Yang bersangkutan tercatat sebagai kasus ke-33 yang bekerja pada salah satu pabrik di Taiwan.

PMI lain terdata sebagai kasus ke-34 yang bekerja sebagai pengemudi di Arab Saudi. Yang bersangkutan berjenis kelamin laki-laki dengan usia 40 tahun yang berasal dari kluster Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon.

Untuk kasus ke-35, pula seorang laki-laki, yang tercatat bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) pada Kapal Yoshimura, Jepang. Pasien berusia 24 tahun yang berasal dari kluster Kecamatan Karangsembung, Kabupaten Cirebon.

PMI lain merupakan seorang perempuan dari kluster Kecamatan Susukan, Kabupaten Cirebon. Pasien berusia 41 tahun yang tercatat sebagai kasus ke-36 ini bekerja sebagai PMI di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

BACA JUGA  Satgas Subsektor 21-01 Rutin Korve dan Patroli Sungai

PMI perempuan lainnya juga tercatat sebagai kasus ke-38 yang bekerja di Singapura. Pasien berusia 27 tahun tersebut berasal dari kluster Pabedilan, Kabupaten Cirebon.

Selain ke-5 PMI, seorang laki-laki berusia 35 tahun dari kluster Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, juga dirawat di RS Wisma Atlit sebagai kasus ke-37.

Sementara, nakes yang terkonfirmasi positif dan dirawat di RSUD Waled diketahui berjenis kelamin perempuan. Pasien berusia 41 tahun yang tercatat sebagai pasien ke-32 itu diketahui berasal dari kluster Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon.

“Nakes yang terkonfirmasi positif ini berkontak erat dengan pasien positif lain sebelumnya,” jelas Nanang. (dd/bbcom)

Komentar