oleh

Sandiaga Uno : Terus Bergerak Untuk Indonesia Melalui Wisata Kuliner dan Seni

BANDUNG | BBCOM |  Program pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia saat ini menyambangi Propinsi Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Bandung Barat. dalam pengembangan KaTa Kreatif Indonesia di Kabupaten Bandung Barat ini diharapkan mampu mengembangkan potensi ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten tersebut.

Menteri Pariwista dan Ekonomi Kreatif/Kepala Baparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, rangkaian pengembangan KaTa Kreatif Indonesia ini dilakukan dengan kegiatan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan sebagai bentuk fasilitasi pengembangan potensi ekonomi kreatif di 25 Kabupaten/Kota “Sekarang yang beruntung Kabupaten Bandung Barat, dimana kita akan gali potensi dan pengembangan ekonomi kreatif di kabupaten ini,” katanya.

Sandiaga Uno (dok/istimewa)

Dia menegaskan, program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia merupakan program yang dilaksanakan sejak tahun 2016 dan hingga saat ini terus dikembangkan oleh Kemenparekraf/Baparekraf. Tahapan kegiatan dilakukan dimulai dari pemetaan dan pengusulan subsektor ekraf unggulan melalui kegiatan dengan Uji Petik terhadap 4 (empat) unsur/elemen Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif Indonesia (PKM3I), yaitu: (1) 17 subsektor ekonomi kreatif; (2) kreator/pelaku ekraf (ABCG-M); (3) rantai nilai ekraf; dan (4) keterkaitan backward-forward linkage. Semua unsur PMK3I ini dapat didalami lebih lanjut melalui website https://kotakreatif.kemenparekraf.go.id.

Kegiatan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan akan dilakukan secara luring di Dusun Bambu Resort berupa pemberian materi terkait peningkatan inovasi dan kewirausahaan dengan tema “How Can The Creative Industry Be Able To Adapt During This Pandemic” yang dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab antara narasumber dengan pelaku ekonomi kreatif. Untuk kegiatan workshop di Kabupaten Bandung Barat akan dihadiri oleh 30 pelaku ekonomi kreatif dari subsector Seni Pertunjukan dan Kuliner. “Kita sudah mengetahui, kalau Bandung terkenal juga dengan seni dan kulinernya, ini kita kembangkan dan seharusnya ini dapat menjadi salah satu produk unggulan pariwisata kabupaten ini,” tegasnya.

Dalam kegiatan ini, selain Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan hadir juga sebagai pembicara dalam acara tersebut para pengusaha Kabupaten Bandung Barat dimana akan menjadi peningkatan. Kegiatan workshop yang diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pemikiran kreatif peserta, sehingga dapat terus berkarya dengan bekal materi kreativitas, permodelan bisnis, promosi digital dan pengelolaan keuangan serta permodalan(*)

Komentar