Sakit Saat Gigi Bungsu Tumbuh, Ini Penyebab dan Solusinya

25 Juni 2019 / 22:25 WIB Dibaca sebanyak: 187 kali 1 Komentar

Penulis: Amalia Zhahrina Politeknik Negeri Jakarta

Ig : amaliahihi

Untuk kalian yang berusia 17-25 tahun tentunya tidak asing lagi dengan peristiwa tumbuhnya gigi geraham terakhir atau yang sering disebut gigi bungsu. Sayangnya, pertumbuhan gigi bungsu ini kerap kali menyebabkan rasa sakit maupun ngilu.

‘Aduhh ngilu banget kayak ada yang nusuk-nusuk di gusi’ Kalian pasti pernah ngomong kayak gitukan? bahkan yang sering terjadi adalah ketika rasa ngilu itu hadir di mulut sampai ada rasa nyut nyutanke kepala dan menyebabkan mood turun sehingga jadi bete dan malas ngapa ngapain.Nah, kalau sudah seperti itu apapun kegiatan yang sedang kita lakukan menjadi sangat terganggu kan. Lantas, mengapa hal itu bisa terjadi?

Dilansir dari tanyapepsodent.com, gigi bungsu memiliki peran yang cukup penting yaitu untuk menghadirkan keselarasan gusi sehingga tatanan gigi menjadi lengkap dan seimbang. Selain itu, gigi bungsu  juga berfungsi untuk membantu gigi geraham lain untuk mengunyah sehingga makanan menjadi lembut dan mudah dicerna.

Salah satu dokter gigi, Drg.Armi Amanda Daulay menjelaskan bahwa gigi bungsu tidak langsung berdiri sempurna di gusi, namun hanya tumbuh satu milimeter saja per 6 bulan. Tidak sedikit dari pasien dokter gigi yang mengeluhkan adanya rasa sakit ketika gigi bungsu tumbuh, hal ini disebabkan adanya masalah pada pertumbuhan gigi atau yang disebut impaksi pada gigi.

Impaksi pada gigi terjadi karena kurangnya ruang pada gusi untuk gigi bungsu sehingga membuat arah tumbuhnya menjadi miring dan mendesak gigi lain. Itulah penyebab banyaknya keluhan seperti sakit kepala, sariawan, bahkan bengkak pada gigi karena proses pertumbuhan gigi bungsu.

Eitsjangan khawatir! Keluhan keluhan diatas merupakan hal yang normal terjadi dan tentunya dapat diatasi. Berikut ini Drg. Manda membagikan tips mengurangi rasa sakit ketika pertumbuhan gigi bungsu:

1. Kumur-kumur menggunakan air hangat dan garam, caranya dengan menuangkan setengah sendok garam ke  gelas yang berisi air hangat  lalu kumur-kumur beberapa kali dalam sehari.

2. Kompres dengan es batu, ambil es batu  lalu tempelkan di pipi  tempat gigi yang sakit selama 15 menit saja

3. Makan obat pengurang rasa sakit, dokter gigi akan menyarankan makan obat seperti asam mefenamat untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri pada gigi. Jika gejala yang terjadi seperti demam, maka dianjurkan memakan obat yang mengandung paracetamol.

4. Melakukan pembedahan, bila rasa sakit terus menerus terjadi, dokter gigi akan melakukan operasi kecil untuk membedah gigi bungsu tersebut. 

Cukup mudah bukan?  Tetapi harus diingat  solusi di atas hanya mengurangi rasa sakit sementara, karena selama gigi bungsu itu masih proses tumbuh berdiri, maka rasa sakit tetap akan ada.Selamat mencoba

Bagikan
Share

1 Komentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *