oleh

Rakor Muspika Banjaranyar Bahas Bencana Alam, Covid-19 dan HKN

CIAMIS | BBCOM | Dalam rapat koordinasi Kecamatan Banjaranyar kali ini menyikapi permasalahan bencana alam, pandemi Covid-19, serta persiapan Hari Kesehatan Nasional dan perencanaan Pilkades serentak yang akan di laksanakan di Kabupaten Ciamis,.

Pada kegiatan (rakor) dihadiri jajaran Muspika , Camat Banjaranyar, Anggota Polsek Banjarsari, Kepala UPTD Puskesmas Cigayam, Serta seluruh Kepala Desa se Kecamatan Banjaranyar.

Dalam sambutan nya, Camat Banjaranyar Dedi Iwa Saputra mengatakan bahwa bencana yang telah melanda wilayah kecamatan Banjaranyar beberapa pekan yang lalu,  menghimbau kepada setiap Kepala Desa, agar segera membuat laporan recovery pasca terjadinya bencana.

“Dengan intensitas hujan masih tinggi,  masyarakat harus tetap waspada, pasalnya suatu saat bencana banjir dan longsor  mengancam kita, maka segera laporkan kepada Pemdes jika hal itu terjadi” ucapnya.

BACA JUGA  Korban Banjir di Banjaranyar Ciamis Keluhkan Keberadaan Dapur Umum dan Air Bersih

Lanjut Dedi, prihal pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Ciamis, masyarakat di saran kan untuk sabar dan menunggu informasi dari pihak Pemda Ciamis.

“Kita ketahui, Pak Bupati sedang mengusulkan permohonan rekomendasi tertulis tahapan melanjutkan pilkades ke Kemendagri, kita tunggu saja hasilnya” tandas nya.

Kepala UPTD Puskesmas Cigayam, Ari Angga Rianto, S.kep.,Ners mengatakan, selain masalah Covid-19, urgensi pentingnya kesehatan bagi masyarakat.

“Sesuai surat edaran Bupati tentang akselerasi STBM terhadap Desa yang belum berstatus ODF, dalam surat tersebut mengharuskan adanya peningkatan peran Kecamatan dan Desa dengan membentuk Pokja STBM,” ungkapnya Rabu (11/11/2020)

BACA JUGA  Ketua Komisi III DPRD Kota Banjar "Geram" Terkait Peningkatan Jalan Margaluyu

Masih kata Ari, bahwa capaian ODF selain untuk merubah perilaku masyarakat untuk tidak BAB disembarang tempat juga akan memiliki daya ungkit pada status Kabupaten kota sehat / KKS Kabupaten Camis meningkat.

Lanjut Ari, sesuai tema HKN KE 56  tahun ini yaitu SATUKAN TEKAD MENUJU INDONESIA SEHAT pada tgl 12 November 2020 dari mulai tingkat Desa sampai tingkat Kecamatan, harus melaksanakan kegiatan yang di awali Apel HKN, Kampanye 3M, dan pembagian masker. (G/Hendra)

Komentar