,

Program Sakaleng Tingkatkan Perekonomian Desa Krayamukti

1 Oktober 2018 / 21:55 WIB Dibaca sebanyak: 280 kali Tulis komentar

BANJAR,BBCom – Desa Krayamukti Kecamatan Pataruman Kota Banjar memiliki program unik di desanya, mereka memberi nama Sakaleng yang berarti “Sa KK satangkal lengkeng “. Program tersebut sudah berjalan sejak 2016 lalu dan sampai sekarang sudah ada 1000an pohon kelenggkeng lebih yang di tanam dihalaman rumah warga Desa Karyamukti.

“Program sakaleng ini bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat, kebetulan jumlah KK ada 2200, diharapkan nantinya ketika sudah berjalan ini bisa menjadi komoditi guna peningkatan perekonomian masyarakat,” ungkap PJS kepala Desa Karyamukti Yayat Ganda Adiwijaya yang didampingi Sekdes Karyamukti Edde saat ditemui BBCom di lokasi penanaman sakaleng dalam kegiatan Media Saba Desa oleh Jurnalis banjar Patroman  beberapa waktu lalu

lanjut Edde nanti nya dari ini bisa dijadikan untuk komoditi di Bumdes, apa dibuat olahan atau mau seperti mekanisme pemasaran nantinya, yang pasti untuk menambah penghasilan bagi warga desa Karyamukti sendiri.

Edde juga menjelaskan Program Sakaleng ini sudah berjalan sejak tahun 2016, dan panen raya pertama diperkiraian dalam jangka waktu 3 tahun ke depan. 

“Target kami bisa menenanam 2200 pohon, dan sekarang sudah 100 pohon, dan tahun ini kita akan tanam 100 pohon lagi saat musim hujan tiba,bibit lengkeng sendiri merupakan bantuan dari desa,”jelas nya,Senin (1/10) kepada BBCom

Rumayati, salah satu warga Desa Karyamukti mengungkapkan, dalam menanam lengkeng tidak ada kendala berarti, hanya saja kita harus rajin membersihkan hamanya.

“Banyak ulatnya, jadi harus dibersihkan, dan untuk perawatan sendiri cukup di beri pupuk dan di sirami air setiap hari”, Pungkasnya (Johan)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *