oleh

Pramuka Kwarcab Kota Banjar Gelar Kegiatan JOTI Bareng ORARI

BANJAR | BBCOM | Bertempat di sekertariat ORARI Lokal kota Banjar, Kwartir Cabang Kota Banjar bekerjasama dengan ORARI lokal kota Banjar menyelenggarakan kegitan Jamboree On The Air (JOTA) Nasional ke 83 dan Jamboree On The Internet (JOTI) Nasional ke 41, kegiatan sendiri berlangsung selama tiga hari yaitu dari tanggal 16 sampai dengan tanggal 18 Oktober 2020.

Melihat situasi sekarang, di tahun 2020 dengan adanya bencana Covid-19 penyelenggaraan Jota Joti di tahun ini peserta pun di batasi, diantaranya 10 anggota pramuka penegak dan 10 pramuka penggalang perwakilan dari seluruh Kwartir Ranting Se Kota Banjar.

Di temui di sekertariat ORARI lokal Kota Banjar, Yana Suhendra Bachyan atau biasa di sapa Yana Bachyan yang juga ketua ORARI lokal kota banjar, menjelaskan bahwa sebenar nya peserta Sangat antusias sekali untuk mengikuti kegiatan Jota Joti, karena melihat situasi dan juga kondisi saat ini akhirnya peserta pun di batasi.

BACA JUGA  Ineu, Penghargaan Honorary Police Dapat Memotivasi Kinerja DPRD Jabar Lebih Optimal

“Kalau melihat antusias peserta sangat banyak yang ingin mengikuti kegitan Jota Joti tapi situasi sekarang kan lagi Covid-19, jadi mau tidak mau kegitan terpaksa di batasi,” Jelasnya.

Lanjut Yana kegitan Jota Joti sendiri merupakan kegiatan wahana pertemuan komunikasi dengan menggunakan pesawat frekuensi yang sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara, sehingga penyelenggaraan ataupun Peserta bisa berkomunikasi langsung dengan anggota pramuka lainya se – Indonesia melalui pesawat, dengan di pandu oleh anggota ORARI Lokal Kota Banjar.

“Ini merupakan kegiatan wahana pertemuan komunikasi dengan menggunakan pesawat, sehingga penyelenggara atau pun peserta bisa berkomunikasi dengan anggota pramuka lainya yang tersebar di seluruh indonesia,” Ungkap nya

Menurut salah satu peserta Jota Joti dari DKC kota Banjar, Lilis mengatakan dia sangat senang sekali mengikuti kegiatan Jota Joti ini, karena selain bisa berkomunikasi juga bisa berkenalan dengan sesama anggota pramuka yang ada di seluruh indonesia.

BACA JUGA  DPRD Berharap Tol Soroja Dapat Dipergunakan Saat Arus Mudik Lebaran 2017

” Ini pengalaman yang luar biasa, lewat kegitan Jota Joti, saya jadi tau bagaimana cara menggunakan pesawat untuk menyapa sekaligus berkenalan dengan anggota pramuka di seluruh indonesia,” ujar nya.

Para anggota ORARI sendiri dengan telaten dalam memandu, serta mengajarkan cara menggunakan pesawat dan juga cara berkomunikasinya, seperti menyapa dan menutup pembicaraan.

Dan Yana kedepan nya lewat kegiatan ini Pramuka tidak akan tertinggal dalam hal komunikasi lewat pesawat atau pun Internet, dan ORARI akan selalu siap bekerjasama dengan Organisasi apapun selama kegitan tersebut bermanfaat buat orang banyak. (johan)

Komentar