Pentingnya Organisasi

3 Juli 2019 / 09:11 WIB Dibaca sebanyak: 231 kali 1 Komentar

(Foto by : Tim Dokumentasi LDKS SMK N 2 Tangsel 2016)

Kita mengenal berbagai macam organisasi dengan nama dan karakter yang berbeda-beda. Organisasi adalah sebuah wadah atau tempat berkumpulnya sekelompok orang untuk bekerjasama secara rasional dan sistematis, terkendali, dan terpimpin untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

Pada umumnya organisasi akan memanfaatkan berbagai sumber daya tertentu dalam rangka untuk mencapai tujuan, seperti; uang, mesin, metode/ cara, lingkungan, sumber daya manusia, dan sumber daya lainnya, yang dilakukan secara sistematis, rasional, dan terkendali.

Pengertian organisasi dalam dunia bisnis yaitu sekelompok orang atau grup yang berkolaborasi bersama-sama demi mencapai tujuan komersil. Layaknya organisasi non-profit, dalam dunia binis istilah ini juga memiliki struktur. (Sumber https://www.maxmanroe.com/vid/organisasi/pengertian-organisasi.html).

Setiap orang dapat mengikuti organisasi apa saja yang diinginkan. Usia tak menjadi halangan untuk mengikuti dan menjadi anggota dari satu atau banyak organisasi. Bahkan siapapun bisa mengikuti dan menjadi anggota organisasi sejak SMP karena belajar berorganisasi merupakan hal yang sangat penting seperti yang dikatakan oleh Muhammad Tutur,S.Pd selaku Pembina OSIS SMP N 15 Tangsel sejak 2011-2019: “Organisasi itu penting banget buat bekal belajar hidup lebih disiplin karena hidup disiplin harus ditanamkam sejak dini Biasanya juga siswa menyesal kalau tidak ikut organisasi sejak smp/dini.”

Setelah mengikuti organisasi seseorang akan merasakan banyak hal dan dampak positif maupun negatif yang bisa dikendalikan oleh orang itu sendiri sehingga seseorang dapat merasakan dampak positif yang lebih besar daripada dampak negatifnya.

Jangan pernah takut memulai sesuatu seperti belajar berorganisasi, karena baik-buruknya hidupmu kamu sendiri yang menentukan. Pilih dan ikuti organisasi yang baik jika ingin menjdai lebih baik setiap saatnya. (Nur Ma’rufah Saniati – Politeknik Negeri Jakarta).

Bagikan
Share

1 Komentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *