oleh

Panwascam Kecamatan Purwaharja Gelar Acara Bimtek Pengawasan TPS

BANJAR, BBCom – Panwascam  kecamatan Purwaharja menggelar acara Bimtek pengawasan TPS Gelombang II, Kamis ( 11/4/2019), Sekaligus dalam rangka mempelajari buku saku dan simulasi pengawasan TPS serta Uji coba Aplikasi Siswaslu 2019, bertempat di Dapur Haji Dian, wilayah kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat.

Dalam acara Bimtek tersebut selain kepala Yoyo Sunaryo dan ketua kesekretariatan Yayat Hidayat Panwascam Kecamatan Purwaharja dan jajaran nya dari semua Divisi untuk memberikan materi Bimtek, hadir pula Bawaslu Kota Banjar di wakili oleh Jajang Setiana bagian Staf  Divisi SDM sebagai undangan dalam acara Bintek Gelombang II, dengan 65 peserta TPS yang tersebar di wilayah Kecamatan Purwaharja.

Tujuan adakannya Bimtek Gelombang II ini untuk pemantapan kesiapan para PTPS dalam melakukan pengawasan di dalam pemilu 2019, sekaligus terkait sistem dari bawaslu yaitu Siwaslu (Sistem Pengawasan Pemilu) yang akan di gunakan pada saat pemungutan suara.

“Jadi mereka menggunakan aplikasi android ketika mengawasi sekaligus melaporkan terkait penghitungan suara pada tanggal 17 april nanti.”ungkap ketua Panwascam Yayat Hidayat kepada BBCom.

Lebih lanjut ketua panwascam menjelaskan, Siwaslu sendiri baru akan di gunakan pada pemilu 2019 ,kali ini karena pada pemilu sebelumnya sistem ini belum ada,jadi memudahkan pengawas dalam mengawasi sekaligus bisa melaporlan secara langsung ke Bawaslu dengan menggunakan Siwaslu.

“Pelaporan sendiri di mulai dari masa tenang,karena di dalam nya juga ada C6 berupa undangan bagi para pemilih,di persiapan pemungutan suara dan di penghitungan suara,serta kotak suara ketika kembali ke PPK.”Jelasnya

Ketua Panwascam juga menjelaska terkait kendala yang di hadapi ketika di klik kelurahan tidak muncul dan masih loging, kendala seperti ini biasanya muncul karna masih dalam tahap ujicoba.

“Jadi untuk fix nya nanti tanggal 13 bahwa Siwaslu dapat di gunakan,karna kendala sendiri selain dari android nya biasa juga dari jaringan apalagi ini digunakan serentak seluruh indonesia,”Pungkasnya.(Johan)

BACA JUGA  Raperda Penyelenggaraan Kesehatan Jiwa Akhirnya Disahkan.

Komentar