Pagi Hari di Stasiun Citayam

21 Juni 2019 / 12:44 WIB Dibaca sebanyak: 169 kali Tulis komentar

Dokumentasi Pribadi

Apa yan Anda pikirkan tentang stasiun? Ya, stasiun adalah tempat di mana banyak orang memulai aktivitas kesehariannya dengan menggunakan kereta api listrik (krl). Suasana hiruk pikuk, suara pluit petugas kereta, para penumpang yang tergesa-gesa, suara pemberitahuan kedatangan kereta menjadi hal yang dialami setiap harinya oleh pengguna kereta. Seperti salah satu stasiun ini, yaitu Stasiun Citayam.

Setiap hari Stasiun Citayam dipadati oleh pengguna kereta. Tidak tanggung-tanggung untuk membeli tiket kereta pun sering terjadi antrian panjang terlebih lagi pada saat pagi hari. Setelah membeli tiket beberapa orang harus tergesa-gesa menuju peron untuk mengejar kereta yang mereka tuju.

Di Stasiun Citayam terdiri dari dua peron, yaitu peron satu untuk ke arah Jakarta, sedangkan peron dua untuk ke Bogor. Peron ke arah Jakarta harus menyebrang melalui underpass terlebih dahulu, sedangkan yang arah Bogor tidak.

Biasanya pengguna kereta banyak yang memadati peron satu, yaitu arah ke Jakarta. Sambil menunggu, para penumpang pun menggunakan waktunya untuk memainkan telepon genggam, ada juga yang sedang mengobrol dengan temannya, dan ada pula yang membaca buku.

Ketika kereta itu datang ditandai dengan suara pemberitahuan dari ruang informasi dan bunyi pluit dari petugas stasiun. Para penumpang pun langsung berkumpul di depan pintu mempersiapkan untuk masuk ke dalam, namun terkadang tidak mudah. Mereka harus rela berdesak-desakan dengan penumpang lain untuk masuk ke dalam kereta. Meskipun di dalam kereta sudah penuh, masih ada beberapa penumpang yang memaksakan dirinya untuk tetap masuk, terutama penumpang pada gerbong wanita.

Petugas yang berjaga di dalam stasiun langsung bersiap siaga di dekat pintu kereta guna untuk menertibkan para penumpang yang hendak masuk ke dalam kereta.

Setelah pintu kereta ditutup diberitahukan bahwa kereta akan segera diberangkatkan. Para penumpang yang tidak dapat menaiki kereta tersebut harus menunggu kereta selanjutnya.

Sementara itu, teradapat beberapa fasilitas yang tersedia di Stasiun Citayam, antara lain minimarket, tempat pengisi daya, mushola, dan toilet. Di dalam stasiun juga saat ini menjadi area bebas asap rokok. Serta terlihat di bagian depan stasiun terdapat para pedagang yang menjual berbagai macam jenis dagangan seperti pulsa, sepatu hingga sayuran pun ada dan di sana juga terdapat tukang ojek. (Fitria Nur Rahmawati/Politeknik Negeri Jakarta)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *