Mengenal 6 Jenis Keju Terpopular Di Dunia

29 Juni 2019 / 11:45 WIB Dibaca sebanyak: 526 kali Tulis komentar

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran ada begitu mendengar kata keju? Martabak? Pizza? Mac and Cheese? Cheese Cake? Rasa makanan – makanan tersebut sangat khas dan melekat dengan gurihnya keju.

Keterangan Foto: Christopher Jeremia Memperlihatkan Keju Kesukaannya (Natasya)

Keju adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri tertentu. Hasil dari proses tersebut nantinya akan dikeringkan, diproses, dan diawetkan dengan berbagai macam cara. Dari sebuah susu dapat diproduksi berbagai variasi produk keju.

Keju – keju ini memiliki ragam jenis dan rasa khas tersendiri agar bisa digunakan sesuai kebutuhan dan keinginan. Seperti Christopher Jeremia, seorang mahasiswa yang mengaku sebagai penggemar keju.

Menurutnya keju yang paling pas dimakan dengan pizza adalah Parmesan dan Mozarella.

“Aku suka banget sih sama keju, kalo jenisnya ya tergantung lagi makan apa. Kalo makan pizza enaknya ditabur keju Parmesan, dan dipakein keju Mozarella yang melted didalamnya.” Tutur Christopher saat dijumpai di Food Primo Karawaci Tangerang.

Dilansir dari buku World Cheese Book karya Juliet Harbutt inilah 6 jenis keju Terpopular di dunia:

1. Brie

Brie adalah jenis keju yang berasal dari negara Prancis. Dengan penampilannya yang berwarna kuning pucat dan kulit yang putih, keju Brie memiliki tekstur lembut dan creamy. Namun keju ini sangat tinggi lemak.

2. Cheddar

Cheddar merupakan jenis keju yang paling umum ditemui di Indonesia. Keju asal Inggris ini memiliki tekstur yang lembut, halus, hingga rapuh. Keju Cheddar memiliki tingkat rasa dari ringan hingga tajam dan kuat.

3. Gorgonzola

Gorgonzola merupakan jenis keju yang berasal dari Italia.  Memiliki aroma tajam dan kuat dengan warna kuning pucat dan kulit putih serta serat – serat berwarna biru.

4. Gouda

Gouda merupakan jenis keju yang berasal dari Belanda. Memiliki tekstur keras dan warna kuning gelap dengan kulit merah, keju Gouda memiliki rasa yang bergantung pada lama penyimpanan keju, semakin lama penyimpanan rasa keju akan semakin kuat.

5. Parmesan

Parmesan merupakan jenis keju yang berasal dari Italia. Keju ini memiliki tekstur yang keras dan kering dengan rasa yang kuat. Keju ini biasanya digunakan sebagai bumbu masak dengan bentuk bubuk.

6. Mozarella

Mozarella merupakan jenis keju yang sangat umum ditemui di Indonesia dan dunia. Keju yang berasal dari Italia ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal dengan warna putih krem. Mozarella biasanya digunakan untuk makanan yang di panggang seperti pizza.

Itulah 6 jenis keju terpopular di dunia, yang mana nih keju yang paling kamu suka? (Natasya Cristy Maretta, Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *