oleh

Menari bisa jadi Olahraga yang Menyenangkan untuk Tetap Bugar

JAKARTA | BBCOM | Menari adalah seni gerakan ekspresif yang bisa memberikan kebahagiaan. Menyadari pentingnya berolahraga sambil bersenang-senang, Zumba® mengkombinasikan gerakan kardio dengan tarian. Menari bukan hanya dilihat sebagai olahraga, tetapi juga bentuk dari mengekspresikan diri. Menggerakan badan mengikuti ritme dan alunan musik dapat membantu mengurangi stress dan memperbaiki suasana hati.

Selama 20 tahun terakhir, tidak diragukan bahwa Zumba® telah membantu banyak orang di seluruh dunia untuk hidup lebih sehat melalui menari. Zumba® terus berkembang menjadi lingkungan yang menyenangkan dan aman untuk mendorong semangat orang-orang meraih lebih banyak manfaat bukan hanya kesehatan fisik tapi juga kestabilan emosi dan kepercayaan diri.

Menurut Evelyn Liem, pecinta Zumba® yang telah menari selama 6 tahun, kita harus menjadikan menari sebagai bagian dari rutinitas untuk merasakan hari yang menyenangkan dan mengenal diri kita lebih baik. “Sejak pertama kali mengikuti Zumba®, saya akhirnya menemukan apa yang saya cari. Saya suka menari mengikuti alunan musik sejak kecil. Zumba® memberikan kesempatan untuk menemukan kembali passion yang hilang,” sebut Evelyn.

Berdasarkan sebuah penelitian Journal of Applied Gerontology, menari merupakan salah satu cara penghilang stress yang efektif. Sesuai dengan hasil penelitian tersebut, Evelyn mengungkapkan bahwa menari bukan sekadar olahraga, lebih dari itu, sejak mengikuti Zumba® Evelyn menemukan harapan untuk bisa sembuh dari penyakit kanker yang dideritanya sejak lima tahun yang lalu.

“Saya menemukan ‘rumah kedua’ saat dunia seakan runtuh, ketika saya didiagnosa terkena kanker. Zumba® memberi harapan dan kekuatan untuk terus menjalani hidup karena saya menemukan kebahagiaan dari kegiatan menari. Saya sangat bersyukur bertemu dengan teman-teman yang memberi energi positif untuk kesembuhan saya,” tambah Evelyn.

Zumba® merupakan olahraga yang menyenangkan karena suara musik yang lantang dan irama yang dinamis; kombinasi irama Internasional dan Latin menciptakan suasana layaknya berpesta. Hasilnya para peserta tidak ragu untuk menggerakan badan dan kaki mereka mengikuti alunan musik, karena sangat terbawa dengan suasana di kelas. Sambil bersenang-senang, mereka membakar kalori dan meningkatkan fleksibilitas.

Semakin cepat Anda menari, semakin cepat pula jantung Anda berdetak, menjadikan jantung lebih kuat dan lebih sehat. Menurut laporan New England Journal of Medicine, para peneliti menemukan bahwa menari mempunyai dampak yang signifikan terhadap kognisi mental, termasuk peningkatan keseimbangan dan koordinasi.

Denada Tambunan, instruktur Zumba® sejak tahun 2020, menceritakan perjalanan transformasinya melalui menari. “Zumba® adalah olahraga aerobik yang menyenangkan yang menggabungkan gerakkan tari, dimana saya mendapatkan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Saya sangat senang menari sampai terkadang lupa bahwa saya sedang olahraga. Zumba® dapat membakar 800 kalori per jam, membuat saya berenergi dan siap untuk memulai hari. Zumba® membuat saya merasa bugar, kuat dan tidur lebih nyenyak,” kata Denada.

“Zumba® benar-benar fenomenal dan spesial. Orang-orang menghadiri kelas dengan antusiasme dan energi positif bahkan saat kelas dilakukan secara virtual, saya masih bisa merasakan kehangatan dan semangat para peserta. Menari dapat menghasilkan endorfin yang meningkatkan suasana hati, sedangkan lingkungan yang menyenangkan membuat Anda terus menghadiri kelas. Zumba® adalah olahraga yang tepat bagi mereka yang ingin bersenang-senang, menggerakkan tubuh, dan mendapat teman baru. Berkomitmen dengan bentuk latihan yang sederhana lebih baik dibanding tidak memulai apa pun. Anda dapat mendaftar kelas Zumba® untuk menjernihkan pikiran, memperbaiki mood, dan meningkatkan energi Anda,” tutup Denada. (rls/red)

Komentar