Mempercepat Proses Pembuatan E-KTP, Masyarakat Cianjur Sambut Baik ADM

27 November 2019 / 05:36 WIB Dibaca sebanyak: 580 kali Tulis komentar

CIANJUR | BBCOM | Kementerian Dalam Negeri meluncurkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) untuk mempermudah pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk). ADM diluncurkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Hotel Discovery, Ancol, Jakarta Utara, Senin (25/11/2019).

“Sekarang dengan adanya terobosan baru yang dibuat oleh kemendagri Dirjen Dukcapil ini, Anjungan Dukcapil Mandiri bisa mencetak KTP, akta kelahiran, akta kematian, KK, dan lainnya dalam hitungan menit, dan ini akan berkembang di seluruh Indonesia,” ujar Tito seusai peluncuran.

Di kabupaten Cianjur sendiri sudah mendengar, kabar terkait meluncurkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Menurut Plt. Bupati Kabupaten Cianjur yang diwakili oleh Sekda H. Aban Subandi “Pertama Pemerintah Kabupaten Cianjur menyambut baik dengan dilaksanakan perencanaan ADM oleh Bapak Kemendagri, karena dengan adanya ADM yang tentu akan mempercepat proses pembuatan E-KTP, KK maupun akta kelahiran, sehingga tidak perlu ke disduk, bisa langsung di tempat yang ditentukan. Bahkan ketika itu juga dapat dibawa atau dapat selesai seperti KK, KTP maupun surat-surat lainnya yang bisa diproses oleh dinas kependudukan. Berhubung program ini baru, kita prioritaskan kepada para camat yang ada di kabupaten Cianjur agar tersosialisasikan kepada masyarakat apalagi di wilayah jauh dari kota kabupaten masih awam terhadap sistem yang baru akan diluncurkan seperti itu.

“Kita mungkin harus koordinasi dengan dinas terkait yang vertikal agar pelaksanaan ini dapat berjalan dengan lancar seperti apa yang kita harapkan. Pihak pemerintah sendiri mendukung, karena dengan adanya ADM dapat mempercepat proses pembuatan KTP KK maupun akta kematian yang bisa dilakukan oleh mesin tersebut.” Ujar sekda Cianjur.

Menurut Anggota Komisi IV DPRD Kab Cianjur Geugeu Tintin Martiany, dirinya telah mendengar akan adanya   ADM tersebut. “Adanya ADM, berkaitan dengan Disdukcapil sangat dibutuhkan masyarakat karena hal ini berkaitan dengan KTP dan data-data kependudukan, selama ini pelayanan tersebut dipersulit padahal KTP sangat dibutuhkan masyarakat, bahkan hampir 50% banyak yang menggunakan KTP sementara” ujar Geugeu berharap dengan mesin ADM mungkin masyarakat dapat terbantu dalam pembuatan KTP, maupun hal yang berkaitan dengan administrasi kependudukan.

Sementara Aang Sumiarsa S.Ip, Kasi Pengolahan dan Pengajian Data Kependudukan Disdukcapil Cianjur, dengan ADM salah satu inovasi dari Kemendagri dalam rangka pelayanan administrasi kependudukan untuk pencetakan KK, KTP, KIA dan Akte bisa dilaksanakan di anjungan tersebut dan tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil.

Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto, S.I.K., S.H., M.Hum, terkait peluncuran ADM, menurutnya ini adalah salah satu terobosan yang bisa membantu masyarakat dalam hal pembuatan administrasi kependudukan. Namun semuanya kembali lagi kepada pihak pemerintahan yang mengelola” Ujarnya. (hms res cianjur)

Bagikan
Share
BACA JUGA  Mempererat Tali Silaturahmi TNI Bersama Polri dan Pemkot Banjar Gelar Hiburan Bersama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *