Melihat Lebih Dekat Pasar Tradisional Depok Jaya

22 Juni 2019 / 15:47 WIB Dibaca sebanyak: 291 kali Tulis komentar

Sumber foto : Dimas Fitra Dirgantara

Kotor, bau, dan becek adalah hal yang identik dengan pasar tradisional. Tapi tidak dengan Pasar Depok Jaya yang berada di Jl. Nusantara Raya, Pancoran Mas, Depok. Pengunjung diubah pola pikirnya tentang pasar tradisional yang selama ini terkesan kotor dan bau. Di Pasar Depok Jaya pengunjung tidak akan menemukan hal tersebut.

Jauh dari kata kotor dan bau, pasar yang dikelola oleh KPPPD (Koperasi Pedagang Pusat Perbelanjaan Depok) ini memang mengedepankan kenyamanan pembeli. Dibangun dengan konsep indoor (dalam ruangan tertutup), pedagang dan pembeli tak perlu khawatir akan hujan dan panas matahari.

Setiap kios yang ada juga terjajar rapih. Kios terbagi atas beberapa blok yang ditentukan berdasarkan jenis pedagang. Sehingga memudahkan pengunjung mencari sesuatu yang akan dibeli. Kebersihan Pasar Depok Jaya juga sangat terjaga, kedisiplinan para pedagang atas sampahnya masing-masing membuat pasar ini bersih dari sampah yang berserakan.

Pasar Depok Jaya terdiri dari lantai dasar, lantai 1, lantai 2 dan lantai 3. Di lantai dasar pembeli dapat menemukan pedagang sayur, daging, sembako dan sejenisnya. Lantai 1 diisi oleh pedagang kosmetik, alat tulis, dan perabot rumah tangga. Naik ke lantai 2 terdapat pedagang pakaian dan bahan sandang lainnya. Lantai 3 diisi oleh tukang jahit dan bordir. Di lantai 3 ini tidak sepadat dan penuh sesak pembeli seperti lantai lainnya, karena masih ada beberapa kios yang kosong. Setiap lantai di pasar ini juga disediakan tempat duduk untuk pembeli beristirahat setelah lelah berbelanja.

“Belanja disini enak, bersih dan gak bau. Enggak kaya pasar yang lainnya. Fasilitas yang lainnya juga bagus dan nyaman,” ujar Siti, salah satu pengunjung Pasar Depok Jaya.

Sekilas Pasar Depok Jaya tidak terlihat seperti pasar tradisional lainnya. Tapi sebelumnya, Pasar Depok Jaya juga sama seperti pasar tradisional lain yang biasa kita temui. Dipenuhi lapak pedagang liar di luar gedung pasar. Namun, pada akhir 2018 sudah ditertibkan dan dipindahkan ke dalam gedung, karena lapak-lapak tersebut berdiri di atas saluran air dan memenuhi bahu jalan. Sehingga menyulitkan kendaraan yang lewat dan kerap kali menimbulkan kemacetan.

Sumber foto : Dimas Fitra Dirgantara

Letaknya yang strategis membuat Pasar Depok Jaya selalu ramai dan tidak pernah sepi pembeli. Akses yang mudah dijangkau juga menjadi salah satu alasan pasar ini selalu ramai. Transportasi tradisional seperti becak pun masih ada di sini dan siap mengantar kalian sampai ke tujuan. Tidak heran jika Pasar Depok Jaya menjadi andalan masyarakat Kota Depok untuk membeli bahan pangan dan kebutuhan pokok lainnya.

Dengan kenyamanan dan fasilitas pendukung yang ada di Pasar Depok Jaya, kalian tidak perlu lagi takut becek dan bau untuk berbelanja di pasar tradisional. (Dimas Fitra Dirgantara/PNJ)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *