oleh

Lagu BTS Menginspirasi Untuk Mencintai Diri Sendiri

Siapa yang tidak kenal dengan boygroup ini? Bangtan Sonyeondan atau BTS merupakan boygroup asuhan Bighit Entertainment di Korea Selatan. Boygroup K-Pop yang namanya sedang menjulang di dunia ini merupakan inspirasi banyak orang terutama para remaja. Banyak hal positif yang bisa kita ambil dari karya, karakter, dan sikap mereka.

BTS juga pernah berpidato dalam Sidang Umum PBB tahun 2018. RM, leader BTS, menyampaikan pidato singkat untuk mencintai diri sendiri dan berani bersuara dalam hal apapun seperti album mereka pada tahun 2018 yang berjudul LOVE YOURSELF : ANSWER. Lagu-lagu yang ada di dalam album itu menjadi salah satu inspirasi para remaja, terutama pada lagu Answer : Love Myself.

Lagu Love Myself mempunyai makna yang dalam, agar semua orang bisa mencintai diri sendiri, mengakui apapun yang harus diakui karena setiap orang menerapkan standar yang lebih tinggi pada diri sendiri. Lagu Love Myself mengajarkan untuk mulai memaafkan diri sendiri dan belajar untuk mencintai diri sendiri.

Bagi sebagian orang mencintai diri sendiri bukanlah hal yang mudah. Mereka sulit mengungkapkan bahkan menghargai diri sendiri, misalnya setelah melakukan pekerjaan yang tidak sesuai harapan. Mereka yang tidak mencintai diri sendiri akan merasa kalau mereka gagal, seharusnya memberi apresiasi pada diri sendiri karena mereka telah berusaha untuk mencapai harapan itu. Setiap orang lebih mudah mencintai orang lain daripada mencintai diri sendiri.

Seperti Hafifah, perempuan kelahiran 1995 yang merupakan penggemar BTS merasa, arti lagu Answer : Love Myself pada bagian Suga sama seperti kenyataan dalam hidup. Garis besar dari arti lirik lagu tersebut adalah mencintai orang lain lebih mudah daripada mencintai diri sendiri. “Aku suka menyalahkan diri sendiri, tapi setelah baca liriknya aku jadi mikir, kenapa aku keras banget sama diri aku sendiri,” ujarnya.

Desy yang merupakan penggemar BTS mengungkapkan, lagu Answer : Love Myself membuat ia menjadi percaya diri, belajar untuk mencintai diri sendiri, berani bersuara dan berani membela orang-orang yang tertindas. “BTS mempunyai cara untuk bikin aku tetap bertahan dalam hidup, mengajarkan aku cara berjuang dan arti perjuangan. Aku merasa mereka yang berjuang dengan gigih walaupun dihina aja bisa bertahan, sedangkan aku begini saja sudah mengeluh,” ucapnya.

“Lagu ini mengajarkan hal yang penting dalam hidup kita adalah cinta dan menghargai kepribadian sendiri dalam bentuk apapun,” kata Rum, salah satu penggemar BTS.

Menurut Dwi, lagu Love Myself mengajarkan untuk mencintai diri sendiri. ” Lagu itu mempunyai pesan untuk tidak perlu minder dengan apa yang kita miliki, tidak perlu malu untuk melangkah ke depan yakinlah pada diri sendiri, jangan selalu memakai topeng tunjukkan kalau itu dirimu sendiri, jangan iri dengan orang lain karena kita harus mencintai dan bersyukur dengan apa yang kita miliki,” ujarnya.

Lagu Love Myself ini mampu menggerakkan hati siapa pun yang mengetahui arti dan makna dari lagu ini. “Cara mereka menyentuh hati setiap orang berbeda dengan yang lain. Dalam lagu ini aku harus mencintai diri sendiri. Lagu mereka tuh menyentuh banget,” kata Hana.

Setiap lagu BTS berkaitan dengan apa yang dirasakan orang-orang dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, pesan yang disampaikan lebih mudah untuk diterima.

Penulis  : Sri Mela Yuantiva, mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)

Komentar