oleh

KPK Dorong Percepatan Sertifikasi Aset PLN di Jabar

BANDUNG | BBCOM |  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong program manajemen aset daerah sebagai bagian dari program pemberantasan korupsi di Jawa Barat. Sertifikasi aset PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) adalah salah satu tema yang dinilai KPK patut menjadi perhatian.

Hal ini diungkapkan Direktur Korsup Wilayah II KPK Yudhiawan Wibisono dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Sertifikasi dan Penertiban Aset PT PLN (Persero) Wilayah Jawa Barat, di Bandung (23/3.

“Dalam mendorong sertifikasi aset, KPK mendorong sertifikasi aset pemerintah daerah, termasuk aset pemerintah lainnya, salah satunya aset PT PLN. Dorongan sertifikasi aset PT PLN sudah dilaksanakan sejak tahun 2020,” kata Yudhiawan.

Dalam pelaksanaannya, sambung Yudhiawan, ada beberapa kendala yang dihadapi. Karenanya, dia berharap, PLN dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) dapat bersinergi dan berkolaborasi, sehingga sertifikasi aset dapat diselesaikan paling lambat tahun 2024.

BACA JUGA  Mendes PDTT: Pentahelix, Solusi Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Desa

Berdasarkan data yang dikumpulkan KPK per Maret 2021, total jumlah bidang tanah (persil) milik PLN di wilayah Provinsi Jabar yang telah bersertifikat adalah 106 persil.

Rinciannya, untuk PLN Unit Induk Transmisi (UIT) Jawa Bagian Tengah (JBT) ada total 68 persil, yang berlokasi di Kabupaten Bandung Barat 51 persil dan Kabupaten Cirebon 17 persil. Lalu, untuk PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat (JBR) sebanyak 3 persil yang berada di Kota Bandung.

Kemudian, untuk PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Jawa Bagian Tengah (JBT) ada total 26 persil, yang berlokasi di Kabupaten Bandung 2 Persil, Kabupaten Indramayu 7 persil, Kabupaten Purwakarta 14 persil, Kabupaten Subang 1 persil, dan Kabupaten Karawang 2 persil.

BACA JUGA  Adira Insurance Petakan Profil Keselamatan Jalan di Indonesia

Selanjutnya, untuk PLN Unit Induk Transmisi (UIT) Jawa Bagian Barat (JBB) ada total 19 persil, yang berada di Kota Depok 11 Persil dan Kabupaten Bogor 8 persil.

Sedangkan, secara keseluruhan, data PT PLN (Persero) per Maret 2021 menunjukkan bahwa jumlah aset PLN di wilayah Provinsi Jabar sebanyak 8.490 persil. Yang sudah bersertifikat adalah 3.553 persil. Target pensertifikasian aset oleh PT PLN di tahun 2021 sebesar 2.057 persil.(hms/rd)

Komentar