oleh

Komplotan Pencuri Sapi Ditangkap Tim Gabungan SW Polres OKU Timur

OKU TIMUR | BBCOM | Komplotan pencuri sapi berhasil ditangkap Tim Gabungan Shadow Walet (SW) Sat Reskrim Polres OKU Timur dan Anggota Polsek Madang Suku I,

pada Sabtu (13/11/2021). Saat ditangkap para pelaku sedang beraksi mencuri sapi di Desa Tanah Merah Kecamatan Belitang Madang Raya.

Ketiga tersangka yang berhasil diringkus itu Meko Anggara (27) dan Marsudin (35) keduanya warga Desa Karang Agung Kecamatan.Simpang Martapura, OKU Selatan, serta Aldo Dwi Putra (26) warga Desa Lubuk Batang Baru Kecamatan Lubuk Batang OKU. Sedangkan tersangka Da (37) berhasil kabur dan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon, SIK, MH, didampingi Kasat Reskrim AKP Apromico, SH, SIK, melalui Kasi Humas Iptu Edi Arianto, mengatakan, sebelum berhasil meringkus komplotan spesialis pencuri sapi tersebut, tim gabungan SW Sat Reskrim Polres OKU Timur dan anggota Polsek Madang Suku I sedang melaksanakan Patroli malam Antisipasi 3C.

Sekitar pukul 02.00 Wib, saat melintas di Jembatan dua Desa Tanah Merah,  Kecamatan Belitang Madang Raya, anggota melihat satu unit mobil nisan evalia warna putih.

Mobil tersebut diduga yang terekam CCTV pada saat warga Tugu Mulyo Kecamatan Belitang Madang Raya kehilangan sapi, merasa curiga anggota mendekati mobil dan langsung penggeledahan.

“Begitu terbuka mobil tersebut dibagian belakang tidak ada bangkunya (jok kursi), dan hanya dua jok kursi bagian depan, lalu dilakukan pengecekan mobil tersebut diduga akan memuat sapi, diyakinkan dengan ruangan mobil berbau sapi, dan di dalam dekat pintu terdapat bekas kotoran sapi,” ujarnya.

BACA JUGA  Ancam Penjual Pecel Lele dengan Senjata Tajam, 3 Preman Dibekuk Polisi

Selanjutnya anggota melakukan interograsi terhadap tersangka Aldo selaku sopir didapat keterangan dia mengakui menunggu tiga kawannya yang masuk ke Desa Tanah Merah Kecamatan Belitang Madang Raya untuk melakukan pencurian sapi.

“Atas keterangan dari tersangka Aldo jika nanti berhasil maupun tidak ke tiga kawannya akan menelpon. Kemudian anggota menunggu tersangka Aldo menerima telpon dari ketiga kawannya. Selama kurang lebih satu jam, kawan Aldo tersangka Depra menelpon tersangka Aldo untuk menjemput di jembatan pinggir jalan depan RS Islam / tagwa,” jelasnya.

Lalu anggota bersama tersangka Aldo meluncur ke tempat yang tersangka Depra sampaikan, sesampai di jembatan depan RS Islam / Tagwa terlihat tiga kawan Tmtersangka Aldo sedang menunggu, kemudian mobil mendekati ketiga tersangka tersebut.

Pada saat ketiga teman Aldo tersebut akan naik ke mobil, melihat anggota di dalam mobil ketiga tersangka langsung berlari, sehingga anggota melakukan pengejaran dan upaya penangkapan paksa, pada saat dilakukan penangkapan ketiga diduga tersangka tersebut melarikan diri, sehingga petugas melakukan tindakan tegas terukur dan berhasil menangkap tersangka.

“Satu terduga pelaku Depra Iangsung melarikan diri, dan saat ini masih dalam pengejaran anggota Polsek Madang Suku I dibantu warga Desa Tanah Merah kecamatan Belitang Madang Raya,” terangnya.

Yang menjadi korban dari aksi para pelaku adalah Muhadi, warga Desa Tulus Ayu Rt001 Rw 001 Kecamatan.Belitang Madang Raya , OKU Timur.

BACA JUGA  Sambangi Anak Sekolah, Polsek Dawuan Sosialiasikan 3M Agar Tetap Jaga Prokes

Aksi pencurian ternak sapi dilancarkan komplotan penjahat ini pada Selasa tanggal 09 November 2021 sekitar pukul 03.30 Wib telah terjadi di Desa Tulus Ayu Rt 01 Rw 01 Kecamatan Belitang Madang Raya, OKU Timur.

Peristiwa tersebut diketahui oleh korban sekitar pukul 04.00 Wib pada saat korban memeriksa kondisi sapinya namun ternyata sapi milik korban yang berada di dalam kandang belakang rumah korban sudah tidak ada lagi.

Modus yang digunakan kawanan bandit ini dengan cara  cara membuka pintu kandang sapi tersebut yang hanya ditutup dengan kancingan engsel pintu dan tidak digembok dan setelah pintu berhasil dibuka, d dan mengambil dua ekor sapi yang berada di dalam kandang dengan membuka tali tambang sapi lalu mengeluarkan sapi dari kandang tersebut.

Setelah menyadari sapi milik korban hilang, dengan melakukan pencarian jejak pelaku dan meminta tolong kepada warga sekitar untuk membantu melakukan pencarian sapi milik korban yang hilang tersebut, dan pada saat korban mencari sapi di arah jalan poros Desa Tulus Ayu korban sempat melihat mobil minibus warna putih lis samping warna hitam keluar dari halaman pabrik penggilingan padi melaju sangat kencang ke arah Palembang. “Anggota kita masih memburu satu tersangka lagi yang identitasnya sudah kita ketahui,”tegasnya .(hms/dbs)

Komentar