Komisi I DPRD Jabar Serahkan Bantuan Korban Banjir di Bogor

21 Januari 2020 / 06:02 WIB Dibaca sebanyak: 87 kali Tulis komentar

BOGOR | BBCOM | Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat menyambangi warga Cigedug Kabupaten Bogor yang beberapa waktu lalu dilanda musibah banjir dengan membawa dan menyerahkan bantuan logistik dan kebutuhan lainnya, Senin (20/1-2020).

Ketua Komisi I DPRD Jabar, Bedi Budiman mengatakan, penyerahan bantuan yang kita berikan ini merupakan inisiatif dari para anggota komisi untuk meringankan beban para korban banjir, khususnya warga di Kecamatan Cigedug Kab Bogor ini.

“Kami secara pribadi tergerak ingin berpartisipasi untuk memberikan apa yang sedang dibutuhkan,” ujar Bedi di Kecamatan Cigudeg.

Bedi melanjutkan, bantuan berupa kebutuhan pangab seperti beras, minyak goreng, mie instan dan yang lainnya. Uniknya, jumlah bantuannya masing-masing sejumlah 22, sesuai dengan jumlah anggota komisi yang berjumlah 22 orang.

“Ini bukan bantuan dari pemerintah, ini inisiatif dari setiap anggota yang serba 22,” kata politisi PDI Perjuangan itu.

Ditanya soal kebutuhan bantuan jembatan, Bedi menambahkan akan mendorong dinas terkait untuk mengkaji sesuai dengan Tupoksi bidang komisi. Jika berkaitan dengan pemerintahan desa maka pihaknya akan memerintahkan ‘fast program’ kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMPD).

“Jika kaitannya dengan infrastruktur, kami akan mengkoordinasikannya dengan Komisi IV DPRD Jabar,” ucapnya.

Camat Cigudeg, Acep Sajidin mengapresiasi bantuan dari Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat. Terdampak dari banjir bandang yang terjadi pada 1 Januari lalu ada empat kecamatan yang kondisinya cukup parah. Di antaranya Kecamatan Sukajaya, Kecamatan Cigudeg, Kecamatan Nanggung dan Kecamatan Jasinga. Sebab, wilayah tersebut berada dijalur aliran sungai Cidurian.

“Bagian barat yang terdampak cukup parah menghantam empat kecamatan,” ujarnya.

Dia menambahkan, beberapa sarana infrastruktur terdapat jembatan yang hanyut tergerus banjir bandang. Padahal, jembatan tersebut menghubungkan ke beberapa desa di wilayah barat Kecamatan Cigudeg.

“Bahkan, jembatan besar untuk dilewati mobilpun hanyut akibat derasnya banjir bandang,” katanya.

Dia mengharapkan, bantuan pembangunan jembatan gantung untuk penyebrangan orang sangat dibutuhkan saat ini. Sebab, hal itu untuk distribusi bantuan dan mobilisasi masyarakat yang terdampak.

“Banyak juga masyarakat yang terisolir dan lambat mendapatkan bantuan karena tidak adanya jembatan, sehingga sangat urgent untuk jembatan ini,” tandasnya. (hms/red).

Bagikan
Share
BACA JUGA  HNSI Jabar Harapkan Pemerintah Meninjau Permen KP No 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *