,

Kodim 0613/Ciamis Panen Padi Program Ketahanan Pangan Bersama Petani

19 Juli 2018 / 16:09 WIB Dibaca sebanyak: 638 kali Tulis komentar

CIAMIS BBCom– Masyarakat petani Desa Sindangasih Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis lakukan panen padi program ketahanan pangan Kodim 0613/Ciamis.

Dalam acara yang digelar di Aula Desa Sindangasih (19/7) dihadiri oleh Bupati Ciamis (H . Iing Syam Arifin), Tim Sergab Mabesad (Kolonel Inf.Hendro), Dandim 0613/Cms (Letkol Arm. Reza Nur Patria. SE. M si. Han ), Kadistan (Ir. Kustini), Koordinator Upsus Pajale Jabar (Bp. Nazaruddin), Pasi wanmil rem 062/Tn (Mayor.Inf Junaidi), Camat Banjarsari (Drs.Dedi Mudyana), Wadanramil 1317/Bjsri (Kapten Inf Waslim), Pasi intel Dim 0613/Cms (Kapten Arh. M. Basori), Pasiter Dim 0613/Cms (Kapten Arm. Suharto), Para Kabid Distan, Mitra Bulog Ciamis (H.Kiki), Kepala Desa Sindangasih (Bp. Uhan), Para Babinsa, ketua kelompok tani Medal Kamulyan (Bp. Aceng), tokoh agama, tokoh masyarakat dan para Kelompok tani.

Panen raya tersebut berada di Dusun Pangarengan Rt: 13/03 yaitu melaksanakan Panen raya padi Cikawasen selanjutnya di Dusun Pangarengan Rt: 04/02 Ds Sindangasih untuk melakukan peninjauan lokasi padi hitam, dan padi sekarwangi aromatik

Kadistan kab Ciamis menyampaikan dalam sambutannya, “Alhamdulillah padi Cikawasen sudah terdaftar di kementerian pertanian, mudah mudahan dengan bertambahnya varietas Cikawasen ini dapat meningkatkan produksi padi sehingga Kabupaten Ciamis dapat lebih maksimal hasil panennya. Dan kedepan kita akan mendaftarkan padi hasil penelitian masyarakat yaitu padi hitam dan padi sekarwangi 0613,” ujarnya

Selanjutnya menurut ketua Upsus Pajale Jabar berharap dengan adanya varietas Cikawasen yang sudah terdaftar dapat meningkatkan produksi padi di kabupaten Ciamis.

Sedangkan menurut Tim Sergab Mabesad “kedatangan saya disini merupakan suatu perintah dari KASAD untuk monitoring Upsus Pajale.” Target Bulog sekitar 2,7 ton padi di tahun 2018 dan ucapan terimakasih kepada Bulog yang sudah sangat maksimal dalam mensukseskan program Pajale tersebut, para Babinsa harus bisa meminimalisir keberadaan tengkulak beras agar berkordinasi semaksimal mungkin sehingga masyarakat dan tengkulak dapat bermitra dengan bulog.

Sementara Sambutan Bupati Ciamis “Alhamdulillah kabupaten Ciamis menjadi lumbung padi sehingga target padi kabupaten Ciamis dapat tercapai sekitar 500 ribu ton pertahun dan yang di konsumsi masyarakat Ciamis hanya sekitar 300 ribu ton, sehingga selebihnya kita dapat membantu daerah lain yang kekurangan padi. Perluasan lahan di kabupaten Ciamis sudah mencapai 100 hektar Alhamdulillah sudah sesuai target.

“Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang mempunyai inovasi untuk menciptakan jenis varietas baru dan yang sudah terdaftar di kementerian agar terus dikembangkan dan dipelihara sehingga tidak diklaim oleh orang lain” pungkasnya. (***)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *