oleh

Kodam III/Siliwangi Gelar Wisuda Purnawira

BANDUNG | BBCOM | Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto pimpin acara Wisuda Purnawira Personel Kodam III/Siliwangi di  di Ruang Siliwangi Makodam III/Slw Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung, Jabar, Selasa (15/12/2020).

Hadir pada acara tersebut, Ketua Persit KCK PD III/Slw Ny. Suci Nugroho Budi Wiryanto  Kasdam III/Slw Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo beserta Istri, Irdam,  Kapoksahli Pangdam III/Slw beserta Istri, Asrendam III/Slw dan para Asisten Kasdam III/Slw beserta Istri, para Wisuda Purnawira masing-masing beserta Istri.

Gelaran Wisuda Purnawira yang dilaksanakan di Kodam III/Slw, merupakan momentum yang bersejarah bagi para Perwira yang akan mengakhiri karier dinas aktif sebagai Prajurit TNI AD.

“Sementara itu, bagi Kodam III/Siliwangi, kegiatan Wisuda Purnawira ini merupakan saat kehilangan prajurit terbaik untuk kembali terjun ke masyarakat,” ungkap Pangdam III/Siliwangi.

Karena menurutnya, dengan telah di wisudanya para Perwira ini, maka secara formal para Perwira telah menyelesaikan dinas aktif sebagai Prajurit TNI Angkatan Darat, berhenti dari rutinitas dinas dan segala aktivitas kehidupan Militer. Akan tetapi secara substansial pengabdian sebagai prajurit sesungguhnya tidak akan pernah berakhir.

Lanjutnya ia menjelaskan, dalam sistem pertahanan negara, saat masih aktif, Prajurit TNI AD menjadi komponen utama dan setelah Purna Tugas mantan Prajurit secara otomatis akan menjadi komponen Cadangan.

“Hal ini menunjukkan ada kesinambungan tugas tanggung jawab dan pengabdian dari masa dinas aktif serta setelah Purna Tugas,” jelas Pangdam.

Pangdam pun berharap, dunia dan lingkungan baru yang akan dimasuki oleh para Perwira pasca Wisuda Purnawira ini, mampu disikapi secara arif bijaksana dengan menghilangkan sikap dan perasaan post power syndrome. Namun, Pangdam pun yakin dan percaya dengan bekal pengalaman pada jenjang kepangkatan dan golongan jabatan yang telah dilalui selama dinas aktif di lingkungan TNI AD, akan bisa menyikapi masa Purna Tugas ini sebagai ladang untuk membaktikan diri bagi kepentingan masyarakat,” harap Pangdam III/Siliwangi.

“Terima kasih dan penghargaan serta rasa hormat kepada para Wisuda Purnawira, yaitu Kolonel Inf Utoh Zaendi, S.E., Kolonel Inf Lilik Wahyu Wijayanto, S.Sos., Kolonel Inf Kustomo Tiyoso, S.I.P., serta Kolonel Inf (Har) Sujarwo beserta istri masing-masing atas dedikasi dan pengabdiannya selama berdinas di Kodam III/Siliwangi,” ucap Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto. (Pendam III/Siliwangi/U)

Komentar