Kita Bersama Untuk Melestarikan Budaya Indonesia

16 Mei 2019 / 08:43 WIB Dibaca sebanyak: 441 kali 1 Komentar

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki beraneka ragam budaya. Karena keanekaragaman itulah Indonesia menjadi daya tarik negara lain dari seluruh belahan dunia. Bahkan tak jarang mereka ikut mempelajari keanekaragam yang unik tersebut. 

Melestarikan budaya negara sendiri apakah itu sangat penting ?

Bayangkan dari sabang sampai merauke tak lepas dari budaya setiap daerah pasti mempunyai kesenian yang bebeda beda dari daerah satu ke daerah lainnya mulai dari tari tradisional,adat istiadat,hingga kuliner. tetapi alangkah menyedihkan di antara megahnya budaya suatu daerah masyarakat di daerah itu sendiri justru tidak mengetahui hal itu akibatnya dari hal kecil itulah budaya kita semakin lama semakin hilang bahkan secara perlahan satu persatu hilang.

Dan lebih menyakitkan lagi saat budaya kita di akui oleh negara lain sebagai budayanya secara sepihak, betapa menyedihkan hal itu bila terjadi secara terus menerus, dan kita sebagai rakyat indonesia terkenal sebagai masyarakat yang ramah tamah dan punya sopan santun hanya bisa mengelus dada saja kita tidak dapat berkutik lagi kecuali dengan terus melestarikan budaya yang masih kita pegang ada beberapa cara agar budaya kita terus berkembang seiring berjalan nya waktu.

Lalu langkah-langkah apa agar budaya Indonesia terus berkembang ?

Kita harus rela berkorban untuk bangsa dan Negara, cinta terhadap budaya Indonesia, menjaga dan memelihara budaya kita, menghargai budaya negara kita, mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari, melestarikan alam dan lingkungan negara kita, dan tidak melupakan budaya negara kita.

Jadi masih anggap sepele terhadap melestarikan budaya ?

Jangan sampai kita tidak peduli terhadap budaya indonesia, justru warga Indonesia harus melestarikan adat dan budayanya agar budaya kita terus berkembang dan terkenal di kancah internasional.

Penulis: Idami Iradi Izani/Politeknik Negeri Jakarta Program Studi Jurnalistik

Bagikan
Share

1 Komentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *