Kepala BPDASHL Cimanuk Citanduy, Tinjau Kesiapan Bibit Untuk Kegiatan RHL Rawan/Pasca Bencana 2018

9 November 2018 / 21:11 WIB Dibaca sebanyak: 687 kali 1 Komentar

SUMEDANG BBCom-Kepala BPDASHL Cimanuk Citanduy (Ir. R. Dodi Susanto, MP), bersama Dandim 0610/ Sumedang beserta jajaran unsur dari Korem 062/ Tarumanagara, dan Kepala BBKSDA Jabar beserta jajaran, serta Kepala Dinas Kehutanan Prov. Jabar melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke lokasi Persemaian RHL yang dikelola Paguyuban dibawah Binaaan Balai konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat, yang berlokasi di Blok Petambon Desa Cilembu kecamatan Pamulihan Kab. Sumedang.

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk melihat kesiapan bibit tanaman. Jenis tanamannya adalah jenis tanaman endemik. Berdasarkan data dari BBKSDA Jabar terdapat 27 jenis tanaman endemic yang sudah ditetapkan BBKSDA Jawa Barat. Untuk wilayah Taman Buru Kareumbi Gunung Masigit rencana akan ditanam beberapa jenis tanaman endemic yang telah memenuhi spek untuk ditanam, jenis tanaman diantaranya Manglid, Salam, Huru, Kicangkudu, Kisireum, puspa, Ganitri, dll

Pelaksanaan Kegiatan RHL Rawan/ Pasca Pencana di wilayah Hutan Lindung BBKSDA Jabar ini dilaksanakan pada tahun 2018, berdasarkan Surat Perjanjian Kerjasama antara BPDASHL Cimanuk Citanduy dan BBKSDA Jawa Barat dengan Asisten Terirorial KASDAM III/Siliwangi, tanggal 21 September 2018. Tentang Pelaksanaan Pembuatan Tanaman RHL Rawan Bencana di wilayah BBKSDA Jawa Barat Nomor: 681/BPDASHL.CKY-3/9/2018, Nomor :PKS.447/K.1TU/TU.2/9/2018 dan Nomor: 12/PKS/IX/2018, tanggal 21 September 2018.

Lokasi penanaman di wilayah kabupaten Sumedang meliputi beberapa Blok yang ada di 5 kecamatan yaitu kecamatan Pamulihan, kecamatan Cisitu, Kecamatan Sumedang Selatan, Kecamatan Cibugel, dan kecamatan Situraja. Untuk Blok Petambon desa Cilembu Kecamatan Pamulihan luas tanamnya 137 ha. Untuk wilayah kabupaten sumedang luas keseluruhan 915,83 ha.

Selain dikabupaten Sumedang kegiatan RHl Rawan/ Pasca bencana ini juga dilaksanakan di wilayah kabupaten Garut, masih kawasan hutan Lindung BBKSDA Jawa Barat yang sekaligus merupakan hulu Sungai Cimanuk meliputi kecamatan Limbangan, kecamatan Pasir Wangi/ Samarang, dan kecamatan Tarogong, luas kawasan di kabupaten Garut seluas 1.086, 58 Ha

Bersamaan dengan kunjungan kerja tersebut sekaligus dilakukan penanaman beberapa jenis tanaman pada lokasi sekitar persemaian oleh Kepala BPDASHL Cimanuk Citanduy, Dandim Sumedang, Kepala BBKSDA Jawa Barat dan Kepala Dinas Kehutanan Prov, Jawa Barat. (***)

Bagikan
Share

1 Komentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *