Kedai Soto Sejak Tahun 60-an

22 Juni 2019 / 15:21 WIB Dibaca sebanyak: 145 kali Tulis komentar

(foto: Pak Murdiono)

Kota tua yang berada di wilayah Jakarta Barat merupakan tempat wisata yang sangat sering didatangi oleh para wisatawan baik itu lokal maupun wisatawan asing. Selain kaya akan sejarah di kota tua juga banyak sekali tempat untuk memanjakan perut, berbagai macam makanan dijajakan di sekitar Kota Tua mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Namun siapa sangka terdapat salah satu kedai makanan legendaris disana yaitu “Soto Tangkar & Sate Kuah Daging Sapi Pak. H. Diding”.

Soto tangkar Pak. H. Diding terletak di Pasar Pagi Jakarta yang berada disekitar Kota Tua. Untuk mencapai ke kedai ini sedikit sulit karena berada di dalam pasar yang sangat ramai dan sekaligus di gang yang kecil, maka disarankan untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi karena akan kesulitan untuk mendapatkan tempat parkir dan juga akses jalan yang cukup sempit jika membawa kendaraan.

Soto Tangkar & Sate Kuah Daging Sapi Pak. H. Diding ini sudah berdiri sejak tahun 60-an, bahkan sekarang sudah sampai ke generasi yang ke tiga yaitu pak H. Yayat. “Sekarang yang mengurus kedai ini anak ke empat dari pak haji Yayat” ucap Pak Murdiono lelaki kelahiran tahun 63 ini. Pak Murdiono sendiri dulunya hanya mantan pegawai kedai soto tangkar ini namun sekarang ia yang ikut menurus juga kedai soto tangkar tersebut.

Kedai soto yang berada di kawasan Pasar Pagi Jakarta ini selalu ramai oleh pembeli terutama hari sabtu dan minggu karena banyaknya orang yang datang untuk berbelanja di Pasar Pagi ini, maka banyak juga orang yang ingin mengisi perut di kedai soto tangkar ini. “Biasanya alhamdulillah ramai, apa lagi kalau saat liburan anak sekolah” tutur Pak Murdiono. Jika tidak mau ke habisan soto ini sangat disarankan untuk datang sebelum jam makan siang.

Jangan mengira karena kedai ini merupakan kedai soto yang legendaris maka memiliki tempat yang luas. Ukuran kedai ini bisa dibilang cukup kecil hanya terdapat meja panjang di sepanjang dinding kedai ini dan jika ingin makan di dalam kedai ini hanya dapat memuat beberapa orang saja. Tapi tidak perlu khawatir karena kedai ini menyediakan tempat untuk makan diluar walau hanya ada beberapa meja saja.

Soto tangkar sendiri berasal dari Bogor, di dalam soto ini terdapat berbagai macam isian yaitu daging, babat, sate, tulang muda, dan jeroan kemudian di tambahkan juga daun bawang dan tomat. Semua isian tersebut kemudian disiram dengan kuah santan yang gurih dan kental. Rasa sotonya yang sedap tidak heran jika soto ini selalu laku habis terjual. Di kedai ini juga menyediakan nasi putih, jadi bisa menikmati soto tangkar ini dengan sepiring nasi putih  juga. 

Sudah banyak orang terkenal yang datang untuk menikmati gurihnya soto tangkar ini, salah satu nya ialah Alm. Bondan Winarno ia pernah datang dan mencicipi rasa soto di tempat ini. Selain itu orang-orang dari singapura juga pernah mencicipi rasa soto tangkar di kedai ini. “ Soto tangkar pak H. Diding itu jadi udah terkenal karena paling tua dan paling terkenal di Jakarta Barat” ucap Pak Murdiono. Selain itu Soto Tangkar & Sate Kuah Daging Sapi Pak. H. Diding ini sudah pernah mendapatkan penghargaan dari Festival Jajanan Bango.

(Saskia Fitriana – Politekhnik Negeri Jakarta

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *