oleh

Kapolres Majalengka Resmi Buka Latihan Terpadu Penanggulangan Bencana Alam dan Karhutla

MAJALENGKA | BBCOM | Kapolres Majalengka AKBP Syamsul Huda didampingi Kabag Ops Polres Majalengka KOMPOL Firman Taufik resmi buka Latihan Terpadu Penanggulangan Bencana Alam dan Karhutla tingkat Polres Majalengka bertempat di Aula Kanya Wasistha Polres Majalengka, Jumat (4/6/2021).

Acara pembukaan latihan terpadu ini juga dihadiri oleh Kasat Pol PP diwakili oleh Sdr. Hendry, Kepala BPBD diwakili oleh Sdr. Fery Ferdianto, Kepala Seksi II TNGC Wilayah Majalengka Jaja Suharja Sonjaya, Kepala Dinkes yang diwakili Ibu dr. Gita Prameswari, Kapolsek Sindangwangi AKP Deni Rusnandar, Pemadam Kebakaran, Kapolsek Rajagaluh AKP Sarjiyo, Kapolsek Maja IPTU Asep Saepudin dan Peserta dari Anggota Kodim 0617/Majalengka dan Anggota Polres Majalengka.

Dalam pembukaan latihan gabungan ini dibuka langsung oleh Kapolres Majalengka, “Latihan Gabungan TNI-Polri, Sat Pol PP, BPBD, TNGC dan Dinas Pemadam kebakaran ini dalam rangka antisipasi bencana serta meningkatkan kemampuan SAR dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Majalengka tahun 2021.

Hari ini gabungan TNI – Polri bersama BPBD, TNGC, Sat Pol PP, Dinas Kesehatan dan Dinas Pemadam kebakaran melaksanakan pelatihan bersama penanggulangan bencana alam dan karhutla terutama di daerah-daerah yang memiliki kerawanan tinggi untuk bencana alam dan karhutla, banjir, tanah longsor serta kebakaran hutan.

Paparan Kapolres Majalengka menyampaikan bahwa memasuki musim kemarau sehingga kita memerlukan suatu metode pelatihan yang sama koordinasi yang sudah terstruktur dan tersistem sehingga kita nanti disaat kita dibutuhkan maka kita tau harus berbuat apa dan siapa berkoordinasi dengan siapa karena kalau sudah kejadian di lapangan sering kali kinerja kita kurang efektif.

BACA JUGA  Kapolres Bersama Waka Polres Majalengka Mengikuti Zoom Meeting Musrenbang Polri Tahun 2021

Karena kita minim koordinasi karena semua terdadak dan semua terburu-buru meskipun dengan tujuan yang sama tetapi karena sendiri-sendiri maka secara keseluruhan kinerja kita menjadi kurang efektif bahkan dirasakan oleh masyarakat terdampak, Oleh karena itu dengan pelatihan bersama ini diharapkan nantinya hal yang tidak kita harapkan itu terjadi kita dapat melaksanakan tugas dengan baik karena kita sudah terkoordinasi dengan baik.

Oleh karena itu saya harapkan para peserta dapat melaksanakan kegiatan ini dengan semangat dengan penuh perhatian untuk pemanfaatan yang nanti dapat kita ambil ketika pada saatnya kita akan mengalami hal yang harus kita laksanakan yaitu melakukan penanggulangan bencana alam dan karhutla.

Sebelum pelaksanaan Latihan terpadu Penanggulangan Bencana Alam Karhutla Tingkat Polres Majalengka diawali dengan Paparan Kabag Ops, dilanjutkan dengan Paparan dari BPBD, TNGC, Pemadam Kebakaran dan dari Dinkes kemudian dilanjutkan dengan pengenalan masing – masing alat pelindung diri maupun alat pencegahan kebakaran dari masing – masing Dinas Instansi serta dilakukan dengan simulasi pemadaman api menggunakan APAR.(Arison)

Komentar