oleh

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi, Hadiri Upacara Peringati Hari Kesaktian Pancasila

MAJALENGKA | BBCOM | Kepala Kepolisian Polres Majalengka AKBP Edwin Affandi menghadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilangsungkan di Lapangan Pendopo Kabupaten Majalengka dan bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Bupati Majalengka Dr.H.Karna Sobahi. Jumat (1/10/2021).

Pelaksanaan upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2021 dengan tema “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila” yang diikuti oleh satu peleton dari TNI/Polri, Sat Pol PP, Dishub dan para tamu undangan itu berjalan dengan khidmat.

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi seusai mengikuti pelaksanaan upacara mengatakan, upacara itu dimaksudkan untuk mengenang para pahlawan Revolusi yang telah gugur dalam tragedi Nasional pada tahun 1965. Beliau mengingatkan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya sendiri.

Dalam perjalanan sejarah bangsa, banyak sekali rong rongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Dengan peringatan kesaktian pancasila ini, diharapkan semangat tekad jiwa Bhinneka Tunggal Ika yang berlandaskan Pancasila semakin melekat kepada para pemuda penerus bangsa, sehingga bangsa Indonesia ini tetap utuh dalam satu kesatuan.

“Negara kita memiliki banyak sekali sejarah, semoga dengan sejarah itu menjadikan pelajaran ke depan supaya tidak terjadi hal yang sama pada negara kita, dan upacara ini dimaksudkan untuk memperingati serta mengenang para pahlawan, sekaligus sebagai kilas balik tentang peristiwa yang terjadi pada tahun 1965 yang dikenal dengan Gerakan 30 September,” tutur AKBP Edwin Affandi.

“Untuk tahun ini, karena pandemi Covid-19, Upacara Hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan berlangsung singkat dan menerapkan protokol kesehatan, untuk menimalisir kerumunan, Terus kita tanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan di masa pandemi ini persatuan dan gotong royong menangani Covid-19 ini sangat diperlukan. Ujar Kapolres Majalengka.(Arison)

Komentar