Kades Desa Ciheulang Bersama Warga Lakukan Kerjabakti Bersihkan Tumpukan Sampah

28 Februari 2020 / 18:57 WIB Dibaca sebanyak: 545 kali Tulis komentar

“Dengan adanya kesigapan Kepala desa Ciheulang, Jalan yang menuju  perumahan Cikahuripan yang tadinya dicemari tumpukan sampah, kini  sudah dibersihkan dan  tidak ada lagi tumpukan sampah itu”


Ciparay | Kab.Bandung-BBCOM.Kepala Desa Ciheulang, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Rubby Nur Habibi pantas di acugkan jempol. Meski dirinya baru menjabat jadi kepala desa di desa itu, dia sudah mampuh  menangani permasalan di desanya.

Hal tersebut seperti dalam penanganan masalah tumpukan sampah di jalan yang  menuju Perumahan  ciikahuripan Perbatasan Rw 16-15, kini sudah di bersihkan.

Terbukti ketika media ini melakukan tugas kembali ke wilayah desa Ciheulang, melewati jalan yang  menuju perumahan Cikahuripan perbatasan Rw 16 -15  pada Jumat (28/2/2020). Kepala desa Ciheilang Rubby Nur Habibi bersama jajaran pemerintahan desa dan para Rw serta para tokoh masyarakan melakukan kerja bakti pembersihan tumpukan sampah di lokasi  lingkungan Rw 16  itu.

Dengan adanya kesigapan Kepala desa Ciheulang, Jalan yang menuju  perumahan Cikahuripan yang tadinya dicemari tumpukan sampah, kini  sudah dibersihkan dan  tidak ada lagi tumpukan sampah itu.

Di sela kesibukannya Kepala Desa Ciheulang Rubby Nur Habibi mengatakan, kami melakukan kegiatan kerja bakti untuk membersihkan sampah di Jalan  protokol yang menuju Rw 16 . Jalan yang menuju Rw 16  tersebut prmerupakan Jalan protokol desa sehigga, sesuai tata ruang dan keaslian lingkungan tidak elok dilihatnya.

“Karena, banyak terjadi9 tumpukan sampah pasalnya,  dari mana- mana membuang sampahnya   ke lingkungan  Rw 16 “Padahal, desa ciheulang sudah mempunyai TPS  3R ,” kata Rubby.

Atas kurangnya kesadaran dari masyarakat sehingga, pemerintah desa melakukan kerja  bakti sekaligus sosialisasi pada masyarakat sesuai pelaturan daerah kabupaten Bandung kalau ga salah No 15 tahun 2012 . “Bahwa, warga masyarakat dilarang buang sampah sembarangan  dan ada dendanya,” tuturnya.

Rubby berharap, mudah- mudahan dengan adanya kegiatan kerja bakti ini kedepan tidak ada lagi buang sampah sembarangan dan kami juga sudah memasang plang rarangan buang sampah. Dia juga menghimbau, pada warga sekitar jangan  buang sampah lagi ke lingkungan Rw 16,” imbuhnya.

Rubby Nur Habibi  juga berharap pada Bupati Bandug, desa ciheulang sedang mengajukan TPS 3 R ke dinas lingkungan hidup agar segera ter  realisasi. “Karena, 1 TPS tidak akan cukup dengan jumlah penduduk desa 21 ribu  jiwa , tentunya penanganan sampah harus sangat serius .

“Karena, dari jumlah 6000 KK ini otomatis sampah rumah tangganya tingal dikali 6000 KK ada berapa sehingga kami mohon ijin pada bupati ingin membangun TPS 3R yang betul-betul layak di desa Ciheulang. Selain itu mudah- mudahan kedepan juga ada sarana- sarana lain dari dinas lingkungan hidup seperti, motor sampah , roda sampah dan lainnya,”harap Rubby.(US)

Bagikan
Share
BACA JUGA  Satpol PP Ciparay Salurkan Bantuan Logistik BPBD Kab.Bandung Untuk Warga Desa Sumbersari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *