oleh

Jembatan Srigeni Putus, Akibat Derasnya Debit Air dan Timbunan Enceng Gondok

OKI | BBCOM | Debit air sungai Komering yang deras akibat curah hujan tinggi beberapa hari terakhir, ditambah timbunan enceng gondok diduga jadi penyebab putusnya jembatan penghubung Desa Srigeni, Kecamatan Kayuagung Ogan Komering Ilir (OKI) dengan kontruksi besi tersebut terputus.

Jembatan besi sepanjang 110 M tersebut merupakan akses warga antar kampung di Desa Serigeni dan bukan merupakan akses jalan lalu lintas utama. Jalur yang terputus sekitar 35 M. Sejak Kamis (25/3) pagi, jajaran Dinas PU dibantu warga sekitar sigap mengevakuasi jembatan agar tidak membahayakan penduduk sekitar.

“Akibat derasnya debit air, ditambah beban timbunan rumput dan enceng gondok hingga besi penahan jembatan tidak kuat. Kita segera lakukan perbaikan melalui dana pemeliharaan” ungkap Kepala Dinas PU PR OKI, Ir. H. Hafidz, MM.

BACA JUGA  Kemenkeu Apresiasi Pemkab OKI Raih WTP 9 Kali Tanpa Jeda

Hafidz mengungkap telah mengantisipasi timbunan enceng gondok yang kerap dibuang di perairan Sungai Komering dengan membangun kontruksi penahan enceng gondok pada tahun ini.

“Enceng gondok dan rumput yang dialirkan ke Sungai Komering ini sangat mengganggu dan merugikan apa lagi saat debit air sungai naik akibat curah hujan tinggi. Kita sedang mengupayakan antisipasinya dengan membangun kontruksi penahan di Kelurahan Jua-Jua tahun ini juga” ungkap Hafidz. (pani)

BACA JUGA  Benarkah? "Karena Angka Kemiskinan Turun Dana Desa di OKI Menurun"

Komentar