Jamu Minuman Khas Indonesia

20 Juni 2019 / 09:49 WIB Dibaca sebanyak: 263 kali Tulis komentar

Masyarakat Indonesia sudah tak asing lagi dengan minuman yang bernama jamu. Jamu adalah minuman berkhasiat yang sudah ada sejak zaman dahulu. Minuman yang terkenal dengan rasa pahitnya ini dapat digunakan sebagai pengobatan, menjaga kesehatan, dan mencegah penyakit.

Jamu sendiri berasal dari olahan dedaunan, rempah, dan akar pohon yang tersebar di seluruh nusantara. Di Jakarta, jamu mulai susah ditemukan. Sepulang kuliah, kusempatkan diri untuk pergi ke salah satu pasar di dekat rumah untuk mencari penjual jamu. Dan benar saja, di Pasar Jaya Cijantung, Jakarta Timur aku menjumpai penjual jamu. Penjual jamu di pasar sangat beragam, ada yang digendong dan ada yang menaiki sepeda.

Aku menemui Sri, salah seorang penjual jamu sepeda. Sri mulai berjualan jamu di Pasar Jaya Cijantung pada tahun 2013, “saya berasal dari Sragen, Jawa Tengah. Kesini karena mengikuti suami merantau untuk mencari nafkah.” Jelasnya. Sedangkan suaminya berjualan bakso tak jauh dari daerah Pasar Jaya Cijantung.

Sri setiap subuh ditemani oleh suaminya membeli bahan membuat jamu di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur. Sri membeli berbagai bahan baku jamu seperti jahe, buah asam, kunir, laos, adas, dan lain sebagainya. Sesampainya di rumah, ia segera meracik berbagai bahan yang telah dibeli. Ia dapat membuat jamu beras kencur, jamu kunyit asam, jamu sinom dan jamu tradisional lainnya. Lalu jamu tersebut dimasukkan kedalam botol kaca khas penjual jamu.

Sri biasanya menjual jamu pada pagi hari jam 7 dan sore hari jam 3. Ia berjualan pada pagi karena masyarakat pasar khususnya pedagang membutuhkan stamina lebih untuk berjualan. Kemudian saat sore para pedagang meminum jamu untuk menghilangkan rasa lelah setelah berjualan.

Masyarakat di daerah pasar memang sudah biasa mengkonsumsi jamu tradisional. Mereka memilih jamu tradisional karena harganya yang dianggap terjangkau dan tidak menggunakan bahan kimia di dalamnya. (M. Lukman Pabriyanto/Politeknik Negeri Jakarta)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *