oleh

Inilah Rutinitas Para Relawan dan Pemuda Kp.Cibunar dalam Mengelola Sampah

KBB | BBCOM | Guna mengantisipasi dan meminimalisir penumpukan sampah yang berada diwilayah Kp.Cibunar Kaler RT.04 RW.06 Dusun 02 Desa Tanjung Wangi Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat, setiap bulan para relawan dan pemuda Karang taruna RW.06 bersama-sama mengumpulkan sampah yang untuk selanjutnya akan diproses.

Muhamad Sehabudin selaku anggota BPD Desa Tanjung Wangi yang juga berkolaborasi dengan para pemuda dan masyarakat untuk menjaga lingkungan yang bersih serta memberikan motivasi kepada warga agar dapat memanfaatkan sampah jadi “Berkah bukan jadi Musibah”.

Selanjutnya sampah yang sudah diangkut dan dikumpulkan di tempat pembuangan sampah sementara (TPSS) di bantaran Sungai Cibunar-Cisalada, sampah diproses dengan cara di pilah antara sampah organik dan non organik.

Sampah yang berbahan pelastik dipisahkan dan selanjutnya di proses untuk dijual, sampah kertas dipisahkan sehingga tidak tercampur dengan sampah yang cepat busuk, sedangkan sampah cepat busuk dijadikan pupuk kompos sehingga terlihat dan bukti nyata sampah mempunyai nilai ekonomis bagi masyarakat dan kedepannya bisa dijadikan PAD Desa Tanjung Wangi.

Muhamad sehabudin berharap untuk kedepannya antara masyarakat, pemuda dan pemerintah desa dapat bersinergi demi lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman serta tercapainya Desa Tanjung Wangi yang maju, berdaya saing dengan tata kelola pemerintahan desa yang baik dan Inovatif. (*R)

Komentar