oleh

Inilah Cara Pilih Situs Pinjaman Online yang Aman dan Langsung Cair

Pada saat situasi sedang pandemi seperti ini, tentu saja banyak orang yang terdampak akan perekonomiannya. Dengan itulah, aplikasi pinjam uang telah banyak tersebar di Indonesia.

Tetapi yang wajib diketahui, tidak seluruh pinjam uang itu aman serta terpercaya. Maksudnya, ada terdapat beberapa aplikasi pinjaman uang yang bawah tangan yang tidak jelas legalitasnya.

Karenanya, Anda wajib lebih berhati-hati dalam mengajukan pinjaman online. Agar tidak jadi korban dari aplikasi tak bertanggung jawab seperti itu, hendaknya tahu identitas dan ciri-ciri bagaimana aplikasi pinjam uang yang aman dan terpercaya.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri situs pinjam uang secara online yang aman dan terpercaya.

1. Perusahaan Pinjaman Online Tertera di OJK

Bagian yang sangat penting agar bebas dari jeratan masalah pinjaman online bawah tangan, yang harus Anda perhatikan adalah memastikan pinjaman online itu sudah tertera pada dasar pengawasan OJK. Tetapi, bila pinjaman online yang Anda temui mengaku sudah tertera di OJK, janganlah langsung percaya begitu saja.

Hal tersebut bisa Anda cek secara langsung di website resmi OJK untuk memastikan apakah aplikasi pinjaman online tersebut benar-benar terdaftar di OJK ataukah tidak.

2. Bunga yang Dikenakan Tidak Mencekik

Tidak sedikit pinjaman online yang menggunakan bunga pinjaman sampai 2 persen per hari. Maksudnya, bila meminjam uang senilai Rp. 1 juta, bunga pinjaman hendak meningkat minimun Rp. 10 ribu per hari. Sampai sebulan, besar bunga pinjaman jadi Rp. 600 ribu. Pastinya angka ini lebih dari separuh angka utama pinjaman yang dipinjam.

Selaku referensi, Anda dapat membandingkan bunga di badan pinjol dengan bunga pinjaman di bank. Pada umumnya bunga pinjaman di bank 0,7 hingga 2 persen per bulannya.

3. Alamat Kantor yang Jelas

Aplikasi pinjaman online yang sah wajib mempunyai alamat kantor yang nyata. Umumnya, alamat kantor serta no telepon yang dapat dihubungi hendak tertera pada web resminya. Kebalikannya, bila alamat badan pinjaman online tidak nyata keberadaannya, mungkin perusahaan tersebut bawah tangan ataupun perusahaan ilegal karena belum jelas legalitasnya.

4. Mempunyai Web serta Email Resmi

Abaikan bila Anda kerap memperoleh SMS yang menawarkan pinjaman online. Terlebih, bila fasilitator pinjaman itu tidak mempunyai web serta email sah.

Web fasilitator pinjaman online sah hendak berawalan“ https”, bukan“ http”. Perihal ini membuktikan kalau web itu memakai aturan socket secure layer (SSL) yang sediakan cara enkripsi pada alterasi informasi buat menghindari terbentuknya perampokan serta penyadapan informasi konsumen. Tidak hanya itu, email yang dipakai ialah email sah industri, bukan memakai email free, semacam Gmail ataupun Yahoo.

5. Pinjaman Online yang Transparan

Pinjaman online yang legal dan terpercaya hendaknya membuka skema pinjaman yang mereka tawarkan. Tidak ada yang ditutup tutupi sehingga nasabah bisa tau bagaimana skema pinjaman yang akan ia setujui.

Begitu juga, OJK sudah mengharuskan tiap perusahaan fintech harus transparan pada debitur hal metode peminjaman. Hingga debitur tidak hendak merasa dibebani sebab sudah mengenali efek dari bisnis yang dikerjakannya.

Seperti itulah identitas aplikasi pinjaman pinjaman online yang aman dan terpercaya. Mudah- mudahan ini dapat jadi rujukan bagi Anda yang mencari aplikasi pinjaman online yang aman.

Selain mencari pinjaman online yang aman, biasanya calon debitur juga mencari aplikasi pinjaman online langsung cair tanpa ribet. Salah satu aplikasi yang banyak orang pakai yakni aplikasi pinjaman online Tunaiku.

Aplikasi ini merupakan pinjaman online langsung cair tanpa ribet yang sudah terdaftar di OJK untuk perusahaan induknya, yakni Bank Amar. Berlainan dengan pinjol pada umumnya, Tunaiku ini dikelola sendiri oleh perusahaan perbankan, yakni Bank Amar, alhasil resiko pinjaman online relatif lebih kecil. (***)

BACA JUGA  Sepasang Panutan Hidup

Komentar

Berita Terbaru